KPA Inhil Gelar Pertemuan Stakeholders


Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertemuan stakeholders, Jumat (20/12/2019) pagi di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Inhil, Tembilahan.

Pertemuan Stakeholders Komisi Penanggulangan AIDS diselenggarakan dalam rangka evaluasi kegiatan bagi anggota KPA Kabupaten Indragiri Hilir sesuai dengan SK pembentukan KPA.

Dengan tujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, dan rencana kegiatan berikutnya serta membicarakan strategi penanggulangan AIDS tahun 2020.

Pertemuan ini dipimpin oleh Bupati Indragiri Hilir selaku Ketua KPA dalam hal ini diwakili oleh Assisten II Setda Kab. Inhil.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang penanggulangan AIDS saat ini harus saling bersinergi dan bekerjasama, karena penularan HIV bukan lagi pada Populasi Kunci ( yang berpotensi menularkan HIV) namun sudah pada Populasi Berisiko Rendah seperti Ibu Rumah Tangga, Pelajar, dan anak-anak.

Disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bahwa data temuan kasus HIV secara kumulatif hingga November 2019 sejumlah 256, dan 84 diantaranya sudah meninggal. Disampaikan juga bahwa secara profesi Temuan Kasus pada Ibu Rumah Tangga berada di Posisi kedua teratas dengan jumlah 63 kasus. Dan anak-anak ditemukan 15 kasus.

Narasumber dari KPA Propinsi Riau juga menyampaikan tentang strategi penanggulangan AIDS di Provinsi Riau diantaranya dengan menggalakkan kerjasama antar satker atau organisasi saling bersinergi untuk mencapai Propinsi Riau Mampu Mengendalikan HIV dan AIDS.

Dilanjutkan dengan diskusi dipimpin langsung oleh Assisten II Setda Inhil. Dengan rencana tindak lanjut Setiap Anggota KPA baik di OPD atau organisasi melakukan kegiatan penanggulangan AIDS sesuai tupoksi dan berkoordinasi dengan KPA Kab. Inhil.

KPA Kab. Inhil juga memberikan penghargaan bagi Puskesmas yang memiliki inovasi dalam penanggulangan AIDS. Yaitu Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Tanah Merah dan Puskesmas Sungai Guntung.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar