KSN Tingkat SMA/MA Se-Tana Toraja Usai Digelar, Ini Hasilnya


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SMA/MA Negeri dan Swasta se-Tana Toraja pada 10 Maret 2020 usai digelar.

SMA Negeri 1 Tana Toraja menjadi tuan rumah pada kompetisi tersebut dan diikuti oleh 542 siswa dari 20 sekolah se-Tana Toraja (Tator).

Kegiatan ini untuk mencari 3 terbaik pada 9 mata pelajaran (Mapel) yang diperlombakan yang nantinya mewakili Kabupaten Tana Toraja ke tingkat Provinsi pada April mendatang.

Berikut 9 Mapel yang diperlombakan:
- Matematika
- Fisika
- Kimia
- Biologi
- Geografi
- Ekonomi
- Astronomi
- Kebumian
- Tik

Hal itu disampaikan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kabupaten Tana Toraja Orthan Pongtengko S.Pd MM, kepada nusaperdana.com melalui keterangan tertulisnya via WhatsApp (WA), Minggu (15/3/2020) malam.

Ia juga telah menerima pengumuman pemenang KSN 2020 dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X meliputi Kabupaten Pinrang, Enrekang dan Tana Toraja.

Berdasarkan pengumuman pemenang KSN 2020, peringkat 1 diraih oleh SMAN 5 Tator dengan menyumbangkan 3 emas, 3 perak, 3 perunggu.

Peringkat ke 2  SMAN 1 Tator,  2 emas, 3 perak, 5 perunggu.

Peringkat ke 3 SMAN 8 Tator, 2 emas, 1 perunggu.

Peringkat ke 4 SMAN 9 Tator, 1 emas.

Peringkat ke 5 SMA Kristen Makale, 1 emas, 1 perak.

Menurut Orthan yang juga kepala UPT SMAN 8 Tator, Yang menggembirakan pada KSN di tahun ini yakni sekolah yang termasuk remote area turut berkompetisi.

"Sekolah yang termasuk dalam remote area misalnya dari simbuang, mappak, mereka turut berkompetisi dari 20 sekolah yang mengikuti baik negeri maupun swasta. Itu yang menggembirakan di tahun ini," ungkapnya.

Dengan adanya KSN ini, lanjut Orthan, semoga semakin memotivasi sekolah supaya berbenah diri dalam berkompetisi.

Ia juga memberikan dorongan dan motivasi bagi 27 siswa terpilih mewakili Kabupaten Tator dari 9 Mapel yang diperlombakan ke tingkat provinsi. Dengan harapan mereka bisa keluar sebagai pemenang dan mewakili provinsi Sulsel ke tingkat Nasional. (Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar