LBH Ansor Riau Sikapi Laporan Terhadap Gus Yaqut


Nusaperdana.com, Pekanbaru - Laporan oleh Tokoh Masyarakat Provinsi Riau, Azlaini Agus terhadap Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil langsung mendapatkan respon dari Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Riau, Andi Susilawan, S.H., M.H, Jum’at (25/02/2022).

Diketahui, Azlaini Agus telah membuat laporan ke Polda Riau yang ditujukan untuk Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil atau yang dikenal dengan Gus Yaqut atas pernyataannya yang menyamakan suara adzan dengan suara binatang (anjing). Pernyataan tersebut Gus Yaqut sampaikan saat kunjungan kerjanya  ke Bumi Melayu Lancang Kuning, Riau.

Meski masih berupa laporan lisan atau bukan laporan resmi, Andi menyayangkan sikap terburu-buru dari Azlaini Agus tersebut. Andi pun meminta mantan anggota DPR RI itu mengurungkan niat untuk membawa persoalan ini ke ranah hukum.

Menurut Andi, pernyataan Gus Yaqut yang sempat menghebohkan masyarakat itu, merupakan salah satu contoh kebisingan bukan menyamakan sebagaimana yang telah masyarakat ketahui. Andi mengatakan bahwa Pernyataan Gus Yaqut tidak ada maksud untuk menghina agama. 

“Pernyataan Gus Yaqut saat itu konteksnya hanya salah satu contoh kebisingan yang mengganggu ketenangan masyarakat, dan tidak ada maksud dari beliau untuk menyamakan kedua hal itu.” Ujar Andi.

Andi menambahkan, bahwa media yang melakukan kesalahan ini pun sudah memberikan klarifikasi. Andi meminta agar masyarakat dan para tokoh masyarakat Riau tidak mudah terprovokasi. “lagi pula media yang melakukan kesalahan penulisan itu kan sudah melakukan klarifikasi, saya minta kepada seluruh masyarakat Riau umumnya, dan para tokoh untuk tidak mudah terprovokasi. Cari dulu kebenarannyal," mintanya.

Terkait laporan itu, Andi dan LBH Ansor Riau mengatakan siap untuk mendampingi menteri Agama Gus Yaqut dalam proses-proses hukum ke depannya. “Kami dari LBH Ansor Riau, Siap untuk mendampingi Gus Yaqut dalam proses Hukum kedepannya," tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ardansyah, S.H Ketua Bidang Advokasi LBH Ansor Riau bahwa dirinya akan mendampingi Menteri Agama dalam proses litigasi maupun non litigasi. "Kami akan terus mendampingi Gus Yaqut dalam proses hukum baik litigasi maupun non litigasi." ujarnya.

Berdasarkan pandangan ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Riau, Purwaji, S.Sos., ia melihat ada oknum-oknum yang berusaha memfitnah dan memaksakan opini di tengah masyarakat bahwa Gus Yaqut menyamakan suara Adzan dengan gonggongan anjing. Purwaji meminta semua pihak harus menahan diri, dan tidak ikut-ikut memfitnah Menteri Agama Gus Yaqut/ Gus Men.

"Jika kita melihat utuh video Gus Men, sama sekali tidak bisa dimaknai menyamakan adzan dengan suara anjing. jangan terburu-buru menghakimi sebelum tahu kebenarannya secara utuh." pinta Purwaji kepada masyarakat Indonesia.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar