Advertorial

Libur Lebaran Peziarah ke Makam Tuan Guru Sapat Meningkat

Libur Lebaran Peziarah ke Makam Tuan Guru Sapat Meningkat

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Destinasi wisata religi ziarah ke makam tuan guru sapat, di Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir meningkat saat libur lebaran.

Dari data Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir tercatat sebanyak kurang lebih 2000 pengunjung berziarah ke Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra.

Tidak hanya peziarah dari Kabupaten Inhil, juga datang berziarah dari luar kota bahkan dari negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Bagi wisatawan yang ziarah ke makam Tuan Guru Sapat juga disuguhkan dengan cenderamata yang berkaitan dengan tuan guru sehingga ada kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang.

Cenderamata ini dijual oleh masyarakat setempat di sekitar komplek Makam Tuan Guru Sapat yang notabene masih keturunan langsung Tuan Guru Sapat.

Tuan Guru Syekh Abdurrahman Shiddiq merupakan seorang ulama besar Inhil kelahiran Dalam Pagar, Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 1857 yang meninggal di Sapat, Kuindra, Kabupaten Inhil, Riau pada 10 Maret 1930.

Syekh Abdurrahman Siddiq adalah seorang ulama dari etnis Banjar keturunan ulama besar dari Kalsel bernama Syekh Arsyad Al-Banjari yang merupakan anak dari Muhammad Afif Bin Khadi H. Mahmud dan Shafura.

Ulama yang akrab dengan sebutan Tuan Guru Sapat ini sudah dikenal di mana-mana bahkan sampai di Mekah, karena ia juga menjadi pengajar di Masjidil Haram dan memiliki murid tersebar sampai ke Singapura, Malaysia, Jambi, Palembang, Kalimantan.(Advertorial)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar