LMP Apresiasi Pemberlakuan PSBB Kabupaten Gowa


Nusaperdana.com, Gowa Sulsel - Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Kabupaten Gowa menilai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa, mulai pada tanggal 04 Mei hingga 17 Mei 2020 menuai keberhasilan, dibanding Kabupaten atau Kota lainnya yang juga menerapkan PSBB.

Ketua LMP Macab Gowa, Anwar Usman, mengatakan, ada beberapa parameter yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa selama 14 hari karena faktanya dilapangan, pelaksanaan lebih efektif, tegas dan disiplin sehingga sangat berdampak dalam merubah pola perilaku hidup masyarakat.

Legislator DPRD Gowa ini menggambarkan perubahan pola perilaku hidup masyarakat selama PSBB, di antaranya, kesadaran pelaku usaha untuk tetap disiplin dengan tidak membuka toko atau tempat usahanya yang memang dilarang dalam aturan PSBB, tetap menggunakan masker serta kurangnya aktivitas masyarakat untuk keluar rumah apalagi berkumpul seperti biasanya.

"Meskipun pada dasarnya, data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa meningkat tiap harinya, namun bukan berarti PSBB Kabupaten Gowa dianggap tidak berhasil, melainkan Pemkab sudah sangat protektif dalam mendeteksi laju penyebaran Virus Corona, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan rapid test secara massal sehingga otomatis data tersebut akan bertambah," jelas Anwar.

Disamping itu, Sekretaris LMP Macab Gowa, Khaeril Jalil, menambahkan, organisasinya tersebut turut berpartisipasi dalam pelaksanaan PSBB, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan agar dapat berjalan maksimal sesuai yang diharapkan.

Di antaranya, bantuan armada truk yang digunakan mengangkut kendaraan yang terkena razia oleh Tim Terpadu dan puluhan anggota LMP yang diturunkan untuk membantu Patroli Pengamanan PSBB pada malam hari serta penjagaan beberapa titik posko penanganan Covid yang berada di perbatasan Kabupaten Gowa.

"Sebagai landasan lembaga kami, Tri Dharma Laskar Merah Putih, yakni Pengabdian, Solidaritas dan Kerakyatan, maka kami harus ambil bagian untuk mensukseskan program Pemerintah saat ini dalam pengendalian Covid-19, salah satunya ikut serta dalam Patroli Pengamanan Skala Besar yang dilaksanakan oleh Tim Terpadu TNI, Polri dan Satpol PP," paparnya.

Lanjut Advokat Muda Peradi ini berharap,  agar setelah berakhirnya kebijakan pemberlakuan PSBB Kabupaten Gowa pada hari Minggu kemarin, masyarakat tetap mengikuti himbauan atau anjuran pemerintah dalam melawan penyebaran virus corona.

"Kami berharap masyarakat tetap mengikuti himbauan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19, di antaranya tetap menggunakan masker jika keluar rumah, tidak berkerumun, jaga jarak, physical distancing, tetap menjaga pola hidup bersih serta tentunya mari kita berdoa agar wabah ini cepat berakhir," harapnya dengan penuh semangat. (Amir)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar