Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Gelar Pertunjukan Teater di SDN 19 Mandau

Mahasiswa Kukerta UNRI bersama Siswa SDN 19 Mandau

Nusaperdana.com,Mandau  - Mahasiswa Universitas Negeri Riau (UNRI) mengelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) tahun 2022 dengan pertunjukan teater di SDN 19 Mandau, Kelurahan Balik Alam, Jum'at (29/07/2022). 

Seni pertunjukan teater dengan drama 'Bawang Putih dan Bawang Merah' ditampilkan oleh kelompok mahasiswa yang terdiri dari Kevin Shidiq, Mutia Novaska, Melati Putri Irawan, Muktia Farah, Cory Puteri Balkis, Nur'aini Azizah, Mia Audina, M.Fadli Riansyah, Naufal Abdurrahman dan M.Agil Marta. 

Selain pertunjukan teater Bawang Putih dan Bawang Merah dengan berbalas pantun, kelompok mahasiswa Unri ini juga memberikan tong sampah dan Papan nama tumbuhan kepada SDN 19 yang berada di Kelurahan Balik Alam, Kecamatan Mandau (Duri-red). 

Ketua kelompok Kukerta Mahasiswa Unri Kevin Shidiq mengatakan penampilan seni pertunjukan teater Bawang Putih dan Bawang Merah dengan berbalas pantun dan penyerahan tong sampah serta papan nama merupakan salah satu program kerja mahasiswa kukerta balik kampung Unri di Kelurahan Balik Alam yang dilaksanakan di SDN 19 Mandau. 

"Kami dari mahasiswa ikut berperan dalam penampilan pertunjukan teater bawang putih dan bawang merah bersama dengan siswa kelas 5 SD yang telah terpilih sebagai pemeran tokoh teater,"jelasnya.

Dikatakan Kevin, dalam teater ini mahasiswa berperan sebagai pembuka. Mahasiswa membuka penampilan dengan berbalas pantun. Tidak hanya diawal penampilan, mahasiswa juga berbalas pantun sebagai penutup penampilan pertunjukan teater.

"Sebagai pembuka, penutup dan pembaca narasi Mia Audina dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Mutia Novaska dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,"ucapnya.

Sementara itu, dikatakan Kevin siswa kelas 5 yang ikut berpartisipasi Ayu sebagai bawang putih, Zahila sebagai bawang merah, Suci sebagai ibu bawang merah, Habib sebagai ayah bawang putih, Sindy sebagai nenek, Nayla sebagai bibi, Keisya pembaca pantun pertama, Hanisa pembaca pantun kedua, Syifa pembaca pantun ketiga, Khalil pembaca pantun keempat dan Faiz  pembaca pantun kelima. 

"Dalam penampilan pertunjukan teater bawang putih dan bawang merah dengan berbalas pantun kita adakan di lapangan  depan kantor Kepala Sekolah SDN 19 Mandau yang ditonton siswa-siswi kelas 1, 2, 3, para guru dan wali siswa kelas 5 yang menjadi pemeran dalam penampilan teater," ujar Kevin. 

Ia berharap dengan penampilan pertunjukan teater bawang putih dan bawang merah ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi yang ikut berpartisipasi memerankan tokoh dan juga kepada penonton pertunjukan.

"Semoga ilmu yang dibagikan dari mahasiswa kepada siswa-siswi yang berperan teater dapat diturunkan ke adik kelasnya nanti," harapnya. 

Sementara itu, salah seorang guru yang menonton pertunjukan teater merasa senang dan menyebutkan penampilan tadi sangat bagus, anak-anak sangat luar biasa, mampu tampil di depan banyak orang. 

"Ibu bangga kepada siswa-siswi ibu, ibu juga mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah mengajari siswa-siswi dengan sabar dan penuh perhatian. Semoga penampilan tadi dapat dicontoh adik kelas nantinya," ucap guru tersebut sumringah. 

Usai pertunjukan teater,  Kelompok Mahasiswa Kukerta Unri langsung menyerahkan tong sampah dan papan nama tumbuhan kepada perwakilan guru SDN 19 Mandau yang berada di kelurahan Balik Alam tersebut. 

Terima tong sampah dan papan nama tumbuhan, salah seorang guru SDN 19 Mandau mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Kukerta Unri yang telah memberikan tong sampah dan papan nama tumbuhan ke sekolah kami ini. 

"Tong sampah sendiri sebenarnya sudah ada di dalam kelas masing-masing, namun papan nama tumbuhan memang belum ada, dan sekolah sangat terbantu dengan papan nama yang diberikan adik-adik mahasiswa. Dengan adanya papan nama tumbuhan dan juga nama latinnya, siswa-siswi akan mudah mengetahui nama tumbuhan yang ada di sekolah," ungkapnya mewakili para guru di SDN 19 Mandau ini.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar