Advertorial

Motif Kesetian, Batik Ciri khas Inhil Mengambarkan Bunga Kiambang

Motif Kesetian, Batik Ciri khas Inhil Mengambarkan Bunga Kiambang

Nusaperdana.com - Batik di Indonesia menjadi sebuah identitas bagi suatu daerah dengan ciri khas motif masing-masing. Di Kabupaten Indragiri Hilir ada motif batik yang diberi nama kesetiaan.

Motif batik Kesetian termasuk kedalam 5 motif batik yang sudah memiliki Hak Kekayaan intelektual (Haki) yang dimiliki Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Motif batik yang di desain oleh H Encik Amrun Salmon, BA ini menggambarkan bunga Kiambang. Bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir, pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan air ini, biasanya bisa di dapati di sungai ataupun kolam yang hidupnya mengambang di air tenang. 

Pengurus Dewan Kesenian Daerah, Kabupaten Indragiri Hilir, Bidang Promosi, Ronny menjelaskan untuk pembuatan batik di Inhil ada dua kelompok pengrajin batik Binaan Dekranasda, yakni di Balai Latihan Kerja  (BLKI) SKB Tembilahan dan di Kecamatan Keritang.

Sebagai bentuk promosi juga diungkapkan Ronny, Ketua Dekranasda yang juga merupakan istri orang nomor satu di Kabupaten Indragiri Hilir, selalu mengenakan pakaian batik khas Kabupaten Inhil disetiap acara-acara besar yang di hadir.

"Biasanya ibu (Ketua Dekranasda Inhil, Red) suka pakai yang batik bahan satin saat acara-acara salah satu bentuk promosi juga," pungkasnya.

Jadi, bagi kamu yang bingung mencari oleh-oleh ciri khas Inhil terutama kain batik bisa dicari di Gerai Dekranasda Inhil di Jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan.(Advertorial)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar