MTQ Ke 46 Kecamatan Mandau, Kelurahan Pematang Pudu Raih Juara Umum

Bupati Bengkalis diwakili Assiten I Andris Wasono menyerahkan Piala Bergilir kepada Juara Umum lurahan Pematang Pudu

Nusaperdana.com,Mandau - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ) ke 46 tingkat kecamatan Mandau resmi ditutup oleh Bupati Bengkalis diwakili Asisten 1 Andris Wasono. Senin (25/10) malam. 

Bertempat di Gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau penutupan tersebut dihadiri oleh Camat Mandau Riki Rihardi, Kalposek Mandau, Danramil 04 Mandau, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Giyatno, para Lurah, UPTD dan juga khafilah dari 11 kelurahan dan desa.

Sesuai dengan hasil keputusan dewan juri Kelurahan Pematang Pudu meraih Juara Umum 1 dan berhak atas piala bergilir. Selanjutnya di posisi 2 Kelurahan Air Jamban dan juara Umum 3 ditempati Kelurahan Balik Alam.

Sementara qori terbaik pada MTQ ke 46 tahun 2021 Kecamatan Mandau diraih oleh  Ahmad Hamzah dari Kelurahan Pematang Pudu .

Camat Mandau Riki Rihardi dalam sambutannya menyampaikan harapan agar pelaksanaan MTQ ini jangan hanya sekedar serimonial saja dan jangan hanya mengejar posisi juara semata.Namun harus diambil hikmah dari kegiatan tersebut untuk menjadikan manusia qurani.

"Serta melahirkan qori qoriyah terbaik serta  meningkatkan keimanan.Dan jadikan Al Qur'an pedoman dalam hidup untuk merubah kehidupan," harapnya. 

Lebih lanjut Camat Riki menambahkan setelah lomba ini akan dilanjutkan dengan even tingkat Kabupaten yang akan diselenggarakan pada 15 Nopember 2021 nanti, di Kecamatan Bathin Solapan.

"Qori dan qoriyah terbaik akan dikirim ke tingkat kabupaten sebagai perwkilan kecamatan Mandau .Semoga nantinya mendapat posisi terbaik untuk tingkat kabupaten.Selamat dan tahniah kepada semua pemenang dan jadikan sebagai motivasi," ujarnya. 

Sementara itu Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis, Andris Wasono dalam sambutannya mengatakan bahwa, kitab suci Al-Quran adalah kalam Allah atau Kalamullah. 

Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT., untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Al-Quran mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia, Al-Quran juga berisi kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan dan keteladanan, serta pesan-pesan moral yang luhur dan agung, sambungnya.

Al-Quran memberikan pencerahan bagi siapa yang membacanya, serta menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkannya dengan menghayati ayat-ayat Al-Quran, kita dapat mengungkap berbagai rahasia alam di muka bumi ini.

Karena itulah, siapapun yang membaca Al-Quran dan menghayati pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, akan meningkat keimanan dan ketaqwaannya.

“Pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal dari al-quran, dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan kehidupan yang aman, adil, dan bermartabat, baik itu dalam bermasyarakat, berbangsa, serta nilai-nilai kemanusiaan universal untuk dapat membangun kokohnya toleransi, solidaritas, dan kebersamaan di antara sesama umat manusia, untuk menuju tatanan masyarakat yang bermarwah, maju dan sejahtera,” ujar Andris.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis Ia pun mengajak kepada kaum muslimin dan muslimat mari jadikan MTQ ke-46 Tingkat Kecamatan Mandau Tahun 2021 ini, sebagai bagian dari upaya kita dan sinergitas seluruh elemen bangsa, tidak terkecuali dari para alim ulama, pengasuh pesantren, pimpinan ormas keagamaan, dan tokoh agama khususnya di Kecamatan Mandau ini untuk selalu bersama-sama pemerintah ikut serta mencegah dan menangani pandemi Covid-19. 

Usai acara penutupan dilanjutkan dengan penyerahan hadih dan trophi kepada pemenang.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar