Musran Gerakan Pramuka Tembilahan Resmi Dibuka, Ketua Kwarran Sampaikan Sejumlah Pesan

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan, Trio Beni Putra

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Musyawarah Ranting (Musran) Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan resmi dibuka, Sabtu (13/3/2021) pagi di Aula SMA Negeri 1. Pada musyawarah ranting ini, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan, Trio Beni Putra menyampaikan sejumlah pesan kepada para peserta.

Terdapat sejumlah pesan penting yang disampaikan oleh Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan kepada para peserta Musyawarah Ranting, diantaranya tentang peran pramuka di masa pandemi Covid-19.

"Sejalan dengan kondisi pada masa Pandemi Covid-19 ini, Pramuka mesti menunjukkan perannya menjaga persatuan negeri. Seperti yang kita tahu, menanggulangi Covid-19 butuh kegotong-royongan, mari bahu membahu memutus rantai virus Corona dengan disiplin protokol kesehatan," kata Trio saat menyampaikan sambutan dalam acara yang dibuka langsung oleh Camat Tembilahan, Lukman Hakim selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting atau Kamabiran.

Selain itu, menurutnya, Pramuka juga bisa berperan dalam menularkan semangat optimisme di tengah masyarakat. Dia menilai, pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kebiasaan.

"Tapi, perubahan itu jangan sampai membuat kita putus asa, tetaplah produktif meski di tengah keterbatasan dan berusaha beradaptasi dengan kenormalan baru yang kita hadapi," tutur Trio.

Trio menuturkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam melawan Corona sampai menjalankan program vaksinasi. Saat ini, diungkapkannya, juga banyak informasi hoaks yang beredar tentang vaksin Covid-19, padahal vaksin telah melewati berbagai tahapan uji klinis.

"Nah, Pramuka dapat berperan melawan hoaks tersebut, mulai saja dari skala kecil seperti keluarga. Jangan takut untuk disuntik Vaksin Karena vaksin sudah dinyatakan aman dan halal. Dengan vaksin kita melindungi diri dan melindungi negeri," ungkap Trio.

Lebih lanjut, Trio mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat. Hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka. 

"Bagian utama dari kode kehormatan tersebut adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat “menolong sesama makhluk hidup” dan “mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat”," jelas Trio.

Dalam Musyawarah yang digelar, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan juga mengagendakan pemilihan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan untuk periode berikutnya. Oleh karenanya, Trio berharap Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan yang terpilih nantinya dapat senantiasa memegang amanah yang diberikan kepadanya.

"Siapapun yang nantinya terpilih nantinya, tentu yang terbaik yang akan menjalankan tugas yang lebih optimal. harus siap berdinamika, berkolaborasi dan bersinergi dengan semua komponen yang ada, sehingga akan menjadikan kepengurusan solid dan kompak," kata Trio.

Terakhir, Trio juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan yang telah memberikan sumbangsih serta dukungan dalam periode kepemimpinannya.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan kepada kakak-kakak pengurus kwarran dan kakak-kakak pembina gugus depan yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan pemikiran selama kepengurusan kami ini, banyak kekurangan dan berbagai kendala yang kita hadapi, kami yakin itulah dinamika dan proses pembelajaran bagi kita semua," ujar Trio.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, H Junaidy Ismail mengungkapkan apresiasimya dam memberikan dukungan atas penyelenggaraan Musyawarah Ranting Gerakan Pramukan Kecamatan Tembilahan.

"Semoga ketua dan pengurus yang terpilih mampu membawa gerakan pramuka kecamatan tembilahan lebih inovatif dan saling bersinergi dengan semua pihak," kata Junaidy.

Camat Tembilahan, Lukman Hakim selaku Kamabiran yang membuka acara Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan mengungkapkan harapannya, agar Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan dapat merumuskan program, yakni pembentukan Pramuka peduli bencana.

Untuk diketahui, Musyarawah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tembilahan ini diikuti oleh pembina putra dan putri dari 35 gugus depan yang ada di Kecamatan Tembilahan sebagai peserta.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar