Advertorial

Oleh Pengrajin di Inhil Batok Kelapa di Jadikan Barang dengan Nila Jual, Bisa Kamu Temukan di Dekranasda

Oleh Pengrajin di Inhil Batok Kelapa di Jadikan Barang dengan Nila Jual, Bisa Kamu Temukan di Dekranasda

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Sebagai daerah perkebunan kelapa terluas di dunia, tentunya banyak hasil turun kelapa yang bisa diolah menjadi hasil kerajinan, seperti hal nya kerajinan batok kelapa yang ditekuni sejumlah pengrajin di Kabupaten Inhil.

Dari batok kelapa banyak pengrajin mengolah menjadi karya senin yang bernilai seperti pembuatan gelas dari batok kelapa, mangkok, asbak rokok hingga barang-barang dengan nilai seni tinggi.

Hasil kerajinan dari batok kelapa bisa kamu jumpai di shoroom Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Kabupaten Indragiri Hilir, di Jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan.

Batok kelapa selain digunakan masyarakat Indragiri Hilir sebagai bahan bakar tempurung kelapa untuk keperluan mereka sehari-hari sudah juga dibuat sebagai arang dan berikut batok kelapa untuk keperluan memasak di rumah.

Namun demikian sebagian masyarakat Indragiri Hilir telah juga berupaya mengembangkan batok kelapa yang melimpah di Indragiri Hilir sebagai bahan kerajinan tangan (hand made) bernilai seni tinggi seperti membuat tas, buah baju, hiasan dinding, pas bunga, figura, tempat tissu, asbak rokok, dan lain-lain.

Perkembangan kerajianan batok kelapa di Indragiri Hilir belum begitu mendapat respon yang positif dari masyarakat karena masih kuatnya persaingan dengan produksi plastik dan produk-produk berbahan lainnya.(Advertorial/Disparporabud Inhil)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar