Polres Kuansing Tes Urine bagi Pengendara


Nusaperdana.com, Kuansing - Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjadi salah satu tujuan utama selama perhelatan Operasi Lilin Muara Takus 2019 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

Seperti diketahui bahwa jalur Taluk Kuantan Kab Kuansing merupakan jalur lintas yang dilewati serta menghubungkan ke Pekanbaru maupun ke Provinsi Sumatera Barat, dimana menjelang libur tahun baru 2020 terdapat peningkatan arus lalu lintas.

Guna terciptanya Kamseltibcarlantas, Jajaran Polres Kuansing bersama-sama dengan Instansi dan Stakeholder terkait antara lain BNK, Dinas Perhubungan, DLLAJ, Dinas Kesehatan melaksanakan pemeriksaan urine terhadap para pengendara bermotor khususnya sopir truk, bus serta travel. 

Selain itu, kondisi kelayakan kendaraan yang melintas juga dilakukan pemeriksaan guna memastikan kendaraan layak dioperasionalkan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami sangat menaruh perhatian terhadap kondisi sopir maupun kendaraan yang dijalankan, kami ingin pastikan kedua hal tesebut dalam keadaan baik, karena faktor manusia dan kondisi kendaraan itu sendiri kerap menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas!," kata Kapolres.

Pada kegiatan yang dilaksanakan hari Senin tanggal 30 Desember 2019 ini, dipusatkan di sekitar Tugu Cerano, Taluk Kuantan Kab Kuansing.

Dari 25 pengendara kendaraan yang dicek urinenya, 24 orang dinyatakan negatif dan kendaraan yang digunakan lengkap surat suratnya serta kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Sedangkan 1 orang pengendara motor yang melintas tanpa menggunakan helm terlihat gugup saat diberhentikan petugas, dan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap urine nya ditemukan positif mengandung amphetamine.

Untuk selanjutnya dibawa ke kantor BNK Kab. Kuansing guna pemeriksaan lebih lanjut.

Pada kesempatan pemeriksaan tersebut, Kapolres Kuansing juga menghimbau kepada masyarakat yang mengendarai kendaraan, agar patuhi rambu lalu lintas, jaga kondisi tubuh agar dalam keadaan fit ketika mengendarai kendaraan serta mengecek secara rutin kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan demi keselamatan bersama.**(imro)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar