Resmi Jabat Kalem Saloso, ini Program Prioritas Andung Tiku Sulle Gorri


Nusaperdana.com, Toraja Utara - Pasca pelantikan Kepala Desa/Lembang (Kades/Kalem) Kabupaten Toraja Utara pada 2 pekan lalu, Andung Tiku Sulle Gorri yang akrab disapa Tiku kini resmi memangku jabatan sebagai Kalem Saloso, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara.

Saat ditemui di kediamannya, Tiku memaparkan sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan diawal kepemimpinannya.

Selain melanjutkan program yang ada, mensejahterakan masyarakat dengan sistem pemerataan merupakan planning diawal sebelum dirinya terpilih sebagai Kalem Saloso.

Dikatakan juga, bahwa keinginan membangun pemerintahan yang jujur, adil, berintegritas dan transparan merupakan salah satu perencanaannya kedepan.

"Untuk pembangunan infrastruktur, saya ingin mulai dari bawah sampai ke atas. Jadi pertama-pertama yang ingin saya lakukan ingin melebarkan jalan poros mariri sampai ba'ba'ba'ba' saya mau talud dulu baru timbun," ungkap Tiku, Senin (20/1/2020) di kediamannya.

Kedua, mengimbau kepada masyarakat agar sepanjang bahu jalan jangan menanami sayur babi karena berdampak bagi pengguna jalan dan memangkas pohon-pohon yang rimbun di bahu jalan pasalnya, sudah beberapa warga dirujuk ke Rumah Sakit akibat jalan yang licin karena cahaya matahari tertutup oleh pohon yang rimbun.

Ketiga, memberdayakan wanita dengan membentuk Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Keempat, membentuk BUMLem (Badan Usaha Milik Lembang) dengan membuka usaha koperasi yang menyediakan barang sembako.

Kelima, lanjutan rabat jalan To'kulling - Pararukan dengan volume 237 m.

"Pengadaan air bersih juga dibutuhkan masyarakat disini. Jadi saya ingin masyarakat betul-betul merasakan kesejahteraan setelah saya menjabat kepala lembang dan saya ingin lembang saloso ini menjadi lembang percontohan di toraja utara," harap Tiku. (Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar