Semarak HAB Ke-78, Kemenag Kampar Bersama Dewan Dakwah Adakan Lomba Baca Kitab Kuning Antar Ponpes

Semarak HAB Ke-78, Kemenag Kampar Bersama Dewan Dakwah Adakan Lomba Baca Kitab Kuning Antar Ponpes

Nusaperdana.com, Kampar – Dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-78 tahun 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar bersama Dewan Dakwah Kab. Kampar (DDII), mengadakan acara Lomba Baca Kitab Kuning atau Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) antar Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Kampar.

Untuk mempersiapkan acara akbar tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Fuadi Ahmad SH MAB, langsung mengadakan rapat dengan Ketua Umum Dewan Dakwah Kampar Ustadz Samsul Bahri SAg MPd, dan Ketua Panitia Lomba Baca Kitab Kuning Ustadz Gustika Rahman SPdI, hari kamis (08/12/2022), diruang Kepala Kantor Kemenag Kampar.

Dalam rapat tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Fuadi Ahmad SH MAB mengatakan bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghidupkan kembali ghirah atau semangat anak-anak kita dalam membaca kitab kuning. Karena salah satu kitab klasik yang memiliki peran penting dalam transformasi ilmu agama. Dikatakan sebagai kitab kuning karena kitab ini dicetak di kertas yang berwarna kekuning-kuningan. Ciri khas dari kitab kuning selain dicetak di kertas berwarna kuning, isi tulisan tidak ada harokat, alias gundul.

Karena tulisan gundul inilah, hanya orang-orang yang tahu ilmu dan cara membacanya. Isi kitab dari kuning berisi tentang fikih, akidah ahlak, tasawuf, hadis, hukum islam dan tafsir. Bahkan banyak pula kitab kuning yang mempelajari ilmu kalam (teologi) hingga filsafat dan kitab kuning ini tetap relevan dengan perkembangan zaman saat ini.

Oleh karena itu, dengan banyaknya manfaat dari membaca kitab kuning ini, kita sengaja membuat lomba baca kitab kuning ini, bekerja sama dengan Dewan Dakwah Kampar, yang diadakan bersempena dengan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 tahun 2023. Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini, dapat membangkitkan kembali semangat anak-anak kita dalam membaca dan mempelajari isi kandungan dari Kitab Kuning ini. Sehingga nantinya Kab. Kampar terkenal dengan pusat baca kitab kuningnya, harap Fuadi.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Dakwah Kampar Ustadz Samsul Bahri SAg MPd dalam rapat tersebut menyambut baik apa yang menjadi cita-cita dari Bapak Kakan Kemenag Kampar. Ini adalah cita-cita yang sangat mulia, yang mana Bapak Kakan Kemenag Kampar ingin menghidupkan kembali membaca dan mempelajari Kitab Kuning. Apa lagi Kabupaten Kampar  dikenal dengan serambi Mekkahnya Riau ini. Tentu salah satu untuk mewujudkan Negeri Serambi Mekkah adalah membaca Kitab Kuning. Karena kitab kuning ini salah satu sumber dari hukum-hukum Islam.

Oleh karena itu, kami dari Dewan Dakwah Kampar merasa terpanggil untuk mewujudkan cita-cita dari Bapak Kakan Kemenag ini dan mendukung penuh lomba Baca Kitab Kuning ini. Kita carikan langsung dana untuk acara ini melalui kantong-kantong ummat dan hamba-hamba Allah. Alhamdulillah, hingga saat ini sudah ada donator yang mau menanggung biaya untuk para juara, salah satunya dari Riau Wisata Hari (RWH) Bangkinang Bapak Mulyadi, jelas Ustadz Samsul.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia lomba Baca Kitab Kuning Ustadz Gustika Rahman SPdI menerangkan, bahwasanya kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kab. Kampar. Untuk jadwah pendaftarannya mulai pada hari kemaren tanggal 07 desember sampai dengan tanggal 16 Desember 2022.

"Untuk kegiatan lombanya, kita laksanakan pada tanggal 20-22 Desember 2022, bertempat di Aula Lantai II Kantor Kemenag Kampar. Kita terus berharap dan berdo’a agar kegiatan yang pertama kali diadakan tingkat Ponpes di Kab. Kampar ini, berjalan dengan lancar dan suskes," pungkasnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar