Sempat Absen 20 Hari, Kim Jong-Un Akhirnya Muncul untuk Pertama Kalinya


Nusaperdana.com - Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, tampak hadir dalam pembukaan pabrik pupuk dan melakukan pemotongan pita.

Orang-orang di pabrik tersebut juga dikabarkan sangat gembira menyambut kehadiran pemimpin tertinggi tersebut.

Dikutip dari BBC, kemunculan Kim Jong Undikabarkan setelah terakhir dia tampak pada 12 April lalu dan dispekulasikan telah meninggal dunia karena kesehatannya.

Meski begitu, laporan terakhir dari media Korut ini masih belum bisa dikonfirmasi secara independen. 

Media itu juga merilis beberapa foto yang menunjukkan Kim sedang memotong pita di luar pabrik.

Foto itu dirilis dari harian Rodong Sinmun yang menunjukkan Kim menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk pada Jumat (1/5/2020) didampingi adiknya, Kim Yo Jong.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ditanya tentang kemunculan Kim Jong Un di muka publik, tetapi dia enggan berkomentar.

Media KCNA mengabarkan bahwa Kim dan beberapa pejabat senior Korut termasuk adiknya, Kim Yo Jong, tengah menghadiri sebuah peresmian pabrik di wilayah utara Pyongyang.

Orang-orang yang hadir bersorak gembira, "Hura!" kepada Kim Jong Un.

Kim berkata, dirinya puas dengan sistem produksi pabrik tersebut dan memuji pabrik itu karena telah berkontribusi pada perkembangan industri kimia dan produksi makanan Korea Utara.

Sebelumnya, Kim dikabarkan mengalami sakit kritis akibat menjalani operasi kardiovaskular. Dia mulai dirumorkan kritis sejak absen dari acara hari lahir mendiang Kakeknya, Kim Il Sung, yang selama ini tidak pernah dia tinggalkan.

Klaim tentang gangguan kesehatan Kim kemudian dilaporkan oleh sebuah situs web pembelot di Korea Utara.

Dikatakan dari laporan itu, sebuah sumber anonim mengatakan kepada media Daily NKbahwa mereka mengerti kondisi Kim yang berjuang dari masalah kardiovaskular sejak Agustus lalu.

Kondisinya dikatakan memburuk setelah Kim mengunjungi Mount Paektu.

Berita ini yang kemudian menjadikan media internasional lainnya turut memberitakan kabar sakitnya Kim Jong Un.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga turut membangun rumor pada 29 April, dengan mengatakan bahwa para pejabat AS "belum melihat" pemimpin tertinggi Korea Utara itu baru-baru ini.

Namun, pernyataan dari Pemerintah Korea Selatan, dan sumber-sumber di intelijen China mengatakan kepada Reuters bahwa kabar spekulasi itu tidaklah benar.

Apakah Kim pernah "hilang" sebelumnya? Ya, Kim pernah tidak muncul di publik selama 40 hari pada September 2014 setelah menghadiri konser.

Dia muncul kembali pada pertengahan Oktober menggunakan tongkat.

Media pemerintah Korut tidak pernah menjelaskan di mana dia berada. Namun, badan intelijen Korea Selatan mengatakan, Kim mungkin menjalani operasi di pergelangan kaki kirinya yang terkena kista.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar