Sosialisasi Program Unggulan Bupati Pemberdayaan Kepemudaan Peduli Sampah di Air Jamban

Foto Bersama Acar Sosialisasi Program Unggulan Bupati Kasmarni di UPT Persampahan Kecamatan Mandau

Nusaperdana.com,Mandau - Camat Mandau diwakili Kasi PMD M Faisal membuka resmi kegiatan pemberdayaan salah satu program unggulan Bupati Bengkalis Kasmarni S.Sos MMP, Rabu (03/08). 

Kegiatan Pelatihan kepemudaan Ide Kreatif ( Peduli Sampah) tersebut dilaksanakan di halaman kantor  UPT Persampahan Kecamatan  Mandau dihadiri Lurah Air Jamban Ramadhani, SSTP, Kepala UPT Persampahan Kecamatan Mandau Syafrudin,S.Sos, Bhabinkamtibmas Bripka Sandos Firdaus,Babinsa Pelda Amiruddin. 

Sosialisasi diikuti 100 orang peserta pelatihan dari  Pemuda dan Pemudi, sementara Narasumber Lambas Hutabarat dari Bank Sampah Pematang Pudu.

Lurah Air Jamban Ramadhani pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan dilakukan merupakan realisasi program unggulan Bupati Bengkalis yaitu untuk memberdayakan pemuda pemudi menuju masyarakat Bermarwah Maju dan sejahtera ( Bermasa) .Melalui pelatihan ini  para pemuda dapat  berkreasi menjadikan sampah salah satu sumber ekonomi.

"Kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengikutinya dengan tekun .Sehingga dapat direalisasikan di lingkungan masing masing guna menambah sumber ekonomi keluarga," harap Lurah Ramadhani. 

Sementara itu, Kepala UPT Syafrudin, menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh pihak Kelurahan.

"Melalui kegiatan ini para pemuda dapat peduli dengan sampah dan menjadikan sampah sebagai sumber ekonomi dengan membentuk bank sampah nantinya.Kedepan  UPT Persampahan hanya  melakukan pengangkutan sampah yang sudah tidak bernilai lagi usai disortir," ungkapnya.

Dengan adanya Sosialisasi ini Babinsa dan Babinkamtibmas yang turut hadir memberi motivasi kepada peserta karena  persoalan sampah merupakan tanggung jawab bersama.

Camat Mandau diwakili Kasi PMD M Faisal menyampaikan persoalan sampah merupakan persoalan nasional yang membutuhkan peran serta dari semua pihak.

Salah satunya adalah melibatkan pemuda dengan menjadikan sampah menjadi nilai ekonomi dan dapat membantu kebutuhan hidup keluarga sehari hari.

"Alhamdulillah melalui program unggulan Bupati  persoalan sampah tidak lagi menjadi beban masyarakat akan tetapi dapat menjadi nilai ekonomi guna mensejahterakan masyarakat," ucap Faisal membuka sosialisasi tersebut. 

Usai dibuka secara resmi, Lambas Hutabarat sebagai Narasumber menyampaikan materi dalam pelatihan ini adalah  terkait pengelolaan sampah juga  praktek daur ulang ban bekas menjadi pot bunga dan juga kursi.

"Kita optimis melalui pelatihan ini para peserta  akan memiliki kreativitas yang bisa menjadi sumber ekonomi kedepannya," ujar Lambas Hutabarat yang telah sukses melalui Bank Sampah di Kelurahan Pematang Pudu.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar