Advertorial

Tingkatkan Drajat Kesehatan Anak di Usia Dini, UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Kuini Segar

Tingkatkan Drajat Kesehatan Anak di Usia Dini, UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Kuini Segar

Nusaperdana.com - UPT Puskemas Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan Inovasi kelompok usia dini sehat edukatif bergerak aktif dan kreatif yang disingkat Kuini Segar.

Tujuan kegiatan yang menyasar anak usia dini di wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Hulu tersebut guna meningkatkan derajat kesehatan pada anak usia dini secara berkelanjutan melalui pengembangan potensi anak, motoric, kognitif, social dan emosional Pengetahuan.

Tidak hanya itu, dijelaskan Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Hj Rosdinah, SSt, M. Kes inovasi Kuini Segar bertujuan meningkatkan daya serap anak usia dini agar lebih aktif dan kreatif dalam berprilaku hidup bersih dan sehat.

Dimulai dari balita umur 0 – 5 tahun dan anak prasekolah umur 5 – 6 tahun mendapatkan pelayanan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang agar tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya

Pada kegiatan inovasi kuini segar petugas kesehatan akan memantau masalah Kesehatan Gizi (agar TDK terjadi stunting) prilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan gigi dan mulut serta masalah lingkungan dan juga melakukan pemantauan tumbuh kembang serta penyimpangan perilaku anak, memberikan konseling mengenai permasalahan kesehatan terkait.

"Petugas kesehatan bekerjasama dengan guru2 sekolah tsb, dmna guru tersebut dijadikan sbg kader yg akan membantu petugas kesehatan dlm melakukan pemantauan," jelasnya Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu.

Untuk tahap awal pihaknya sudah melakukan kuini segar di 10 TK/Paud yg ad di wilayah kerja Puskesmas Tembilahan Hulu.

"Untuk kedepannya kami berharap kegiatan ini dapat berjalan terus dan dapat  bekerjasama dengan TK/Paud yang lainnya," pungkas Hj Rosdinah.(Advertorial/Diskes)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar