Upaya Kesehatan Kerja (UKK), Program Unggulan Puskesmas Sungai Iliran yang Menyentuh Pekera Informal

Penyuluhan kesehatan di Pos UKK Ban Lestari

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Upaya Kesehatan Kerja (UKK) menjadi salah satu program kerja unggulan UPT Puskesmas Sungai Iliran, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kebupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

UKK merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya  di dalam  upaya  promotif, preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. 

Manfaat UKK yaitu agar pekerja mendapat pelayanan kesehatan secara terpadu dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat pekerja pada sector usaha informal secara lebih efektif dan efisien 

Kepala Puskesmas Sungai Iliran, Salmariantity, S.Km, M.Km mengatakan diwilayah kerjanya banyak berdiri pabrik-pabrik sagu yang merupakan produk unggulan desa Sungai Iliran selain komoditi kelapa. 

"Program UKK ini kita tujukan kepada pekerja informal yang berkeja di pabrik-pabrik sagu. Kegiatan kita laksanakan secara rutin satu bulan sekali," ujar Salmariantity kepada inhilklkk.com, Kamis (04/11/2021). 

Perempuan yang akrab disapa Tity itu menjelaskan, secara rutin para pekerja atau buruh mendapat pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan tentang kesehatan agar produk yang dihasilkan lebih higienis. 

"Program ini sudah kita galakan sejak 2017. Tidak hanya mengecek kesehatan pekerja, tetapi mereka juga kita lakukan pembinaan dan edukasi agar produk yang dihasilkan lebih higienis," jelas Tity. 

Dikatakan Tuty, untuk menyusksekan program UKK pihaknya melibatkan pabrik-pabrik sagu yang beroprasi di Desa Sungai Iliran. Saat ini ada dua UKK yang dibentuk oleh Puskesmas Sungai Iliran, yaitu UKK Rumbia Jaya dan UKK Ban Lestari untuk kelompok wanita tani. (Dedek Pratama)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar