Wakili Gubri, Gendrayana Hadiri Konsultasi Publik RDTR dan KLHS Kota Duri

Sekretaris PUPR Provinsi Riau Gendrayana Rohaini membacakan sambutan Gubri

Nusaperdana.com,Mandau - Mewakili Gubernur Riau, Gendrayana Rohaini Sekretaris PUPR Provinsi Riau menghadiri konsultasi Publik RDTR dan KLHS Kota Duri yang berlangsung di Hotel Surya, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Jum'at (10/06) pagi. 

Pada kesempatan itu, Mantan Kadis Perkimtan Bengkalis ini mengatakan  Kehadirannya mewakili Gubenur Riau Pak Syamsuar dan Kadis PUPR Riau yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain yang di tidak bisa ditinggalkan 

"Moment saat ini, selain mewakili Gubenur  dan Kadis PUPR, saya bisa reuni bersama Rekan-rekan yang sebelumnya sesama bertugas di Kabupaten Bengkalis,"ucap Gendrayana sembari menyampaikan salam dari Gubri Syamsuar. 

Dikatakan Gendrayana membacakan sambutan Gubenur Riau, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi hal krusial sebagai pedoman dalam pemberian perizinan maupun kegiatan non berusaha, sekaligus terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS). Eksistensi RDTR sangat berkaitan dengan Konfirmasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan

Menurut Gubri, Penyelenggaraan Penataan Ruang serta regulasi turunannya, sebagai inovasi Ruang (KKPR) sebagai amanat dari UU Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja, dan PP tentang kebijakan untuk memperbaiki iklim investasi," jelasnya. 

"Saat ini, Pemkab Bengkalis berupaya untuk mempersiapkan RDTR Perkotaan Duri yang merupakan turunan dari Perda Kabupaten Bengkalis Nomor 1 Tahun 2022 tentang RTRW Kabupaten Bengkalis Tahun 2022-2042,"ujarnya.

Ia berharap, kehadiran RDTR ini dapat memberikan pijakan dasar untuk berinvestasi sekaligus kepastian hukum yang presisi bagi seluruh pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat umum.

"Sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Bengkalis, terutama bertempat di Kawasan Kota Duri. yang padat penduduk," terang Gendrayana. 

Lebih lanjut dikatakan Gendrayana, bahwa Pelaksanaan Konsultasi publik ini merupakan sarana dialog untuk menjaring seluruh informasi, saran maupun masukan dari berbagai pihak. Hal ini  guna menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan konsepsi rencana yang telah atau akan disusun. Pertemuan ini untuk menemukan formula yang tepat untuk mampu menjawab tantangan baik Lokal dan Regional dalam meningkatkan daya saing. Selain itu dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada, untuk melangkah maju menuju masa depan yang lebih baik.

Tentunya, penyusunan RDTR bersamaan dengan disusunnya Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk menjawab isu pembangunan berkelanjutan. Isu atau masalah yang berkembang di masyarakat .Juga berfungsi sebagai alat kontrol untuk rekonstruksi kebijakan pemanfaatan ruang kedepannya. 

"Akhir kata, melalui konsultasi publik ini  diharapkan dapat memberikan kesempurnaan dalam penyusunan RDTR dan KLHS kota Duri,"pungkasnya.

Turut hadir pada konsultasi tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik YH,Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bengkalis, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Batsol Aulia Army Effendy,  Kepala UPT, Lurah/Kades se-kecamatan  Mandau dan Bathin Solapan.** 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar