4 Langkah Sederhana Rawat Motor yang Lama Tak Dipakai Saat WFH

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Work from home (WFH) akibat pandemi virus corona terkadang membuat motor lama terparkir di rumah. Motor yang tidak digunakan ternyata perlu perawatan juga lho.

Perawatan pun tidak perlu ke bengkel. Terdapat 4 langkah sederhana merawat motor yang bisa dilakukan sendiri.

Pertama, pastikan motor dalam kondisi bersih sebelum diam terparkir lama.

"Karena ada beberapa motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen," ujar Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno.

Langkah kedua, Endro mengatakan pemilik motor bisa memberikan pelumas pada bagian-bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat, misalnya pada rantai roda.

Ketiga, meski motor tidak digunakan, lebih baik dinyalakan setiap hari hanya 3 sampai 4 menit.

"Kira-kira sampai suku kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik," urai Endro.

"Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup," terang Endro.

Oiya untuk motor matic lebih baik diparkir menggunakan standar tengah. Tujuannya agar mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

Terakhir, pemilik motor juga rutin mengecek bagian yang mudah dimasuki binatang. Hal ini bisa dilakukan saat memanasi mesin.

"Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular)," tandas Endro.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar