900 Karyawan PT Wahana Di-PHK, Kadisnakertrans Membenarkan Hal itu


Nusaperdana.com, Duri – PT Wahana Karsa Swandiri (WKS) sebagai Rekanan Pt Chevron Pasific Info (CPI) bakal Melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 900 karyawan  yang bertugas atau ditugaskan di wilayah Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir (Rohil).

Hal itu disebabkan menurunnya tender atau kontrak pekerjaan di tengah merebaknya wabah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Bengkalis, Hj. Kholijah, S.Pdi membenarkan Hal itu. Saat dikonfirmasi, ia mengatakan bahwa pengurangan karyawan terpaksa ditempuh manajemen perusahaan karena berkurangnya kontrak kerja sama dari perusahaan minyak bumi raksasa di Duri, yakni PT Chevron.

“Kontrak kerja berkurang, tender perlahan-lahan tak lagi sesuai harapan. PHK terpaksa ditempuh jadi solusi akhir,” kata Kholijah, Jumat (24/07/2020) malam.

Ia mengatakan, pengurangan karyawan tersebut disampaikan langsung oleh manajemen perusahaan PT Wahana. Tak hanya itu, PT Chevron pun telah berkomunikasi terkait keadaan itu.

“Kemarin langsung orang (manajemen) Wahana yang laporkan (PHK) ke kantor. Chevron juga sudah komunikasikan hal ini. Awalnya kita upayakan jalan lain selain PHK, tapi perusahaan tak mampu mengelak dari pengurangan karyawan. Secara terpaksa dan sangat disayangkan, PHK dipandang jadi solusi akhir,” ungkapnya menjelaskan serangkaian kisah PHK massal itu.

Ia mengaku prihatin dengan keadaan itu, pihaknya pun meminta kepada pihak perusahaan untuk kembali merekrut karyawan yang terdampak PHK bila nantinya keadaan kembali seperti semula, sebelum Covid-19 menyerang.

“Saya sempat mintakan supaya yang kena PHK ini bisa direkrut lagi kalau keadaan sudah membaik,” Pungkasnya

“Jadi catatan paling besar (PHK) itu, dan itu sangat kita sayangkan. Kita berharap wabah pandemi ini segera berakhir, jadi hal serupa tak lagi terulang di kemudian hari,” Terangnya lagi

Pemutusan hubungan kerja kali ini merupakan peristiwa atau data terbesar di wilayah Kabupaten Bengkalis. Dari serangkaian kasus PHK, posisi PT Wahana mendapat prsesentase terbesar di wilayah kerja Disnakertrans Kabupaten Bengkalis. (putra/rls)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar