Apindo Bengkalis Minta Pertamina Beri Porsi Besar Pengusaha Lokal di Blok Rokan

Pengurus Apindo Bengkalis

Nusaperdana.com, PekanBaru - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bengkalis mengungkapkan bahwa sinergi membangun negeri membutuhkan komitmen dan keberpihakan.

Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberi ruang seluas-luasnya kepada stakeholder lokal nasional dengan kembalinya blok Rokan ke pangkuan pertiwi. 

Hal ini disampaikan oleh Marnalom Hutahaean, SH MH, Ketua DPK Apindo Bengkalis di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (08/04/21).

Terkait makin dekatnya transisi alih kelola blok Rokan dari Chevron ke Pertamina, pengusaha dan pengacara putra asli Duri ini mengatakan bahwa situasi ekonomi terdampak pandemi seperti sekarang ini perlu terobosan dan stimulus untuk membangkitkan ekonomi.

Menurutnya dibutuhkan keberpihakan lebih pemerintah kepada dunia usaha migas, sehingga tercipta iklim investasi yang kondusif. 

"Ke depan kita mengusulkan Pertamina Hulu Rokan dapat mengakomodir peran pengusaha lokal di blok Rokan pada angka 90 persen. Angka ini bukan tanpa dasar. Sebab pengusaha lokal sudah mampu, kecuali tidak mampu," kata Marnalom.

Selama ini para pengusaha lokal, menurutnya sudah berpuluh tahun menjadi business partner Chevron. Pengusaha lokal dalam hal ini tentunya memahami dan menguasai wilayah operasi, serta memiliki kompetensi. 

Dengan diakomodirnya para pengusaha lokal, maka akan memberi efek domino bagi para tenaga lokal. 

"Ini yang saya maksud dengan keberpihakan. Sekali lagi, tunjukkan mana jenis project yang pengusaha lokal, dan tenaga lokal tidak mampu," tegas Wakil Ketua Umum APJP Migas Indonesia ini. 

Dengan demikian terjawab sudah semua persoalan terkait alih kelola yang terkesan berjalan alot. 

"Ini juga yang semestinya menjadi atensi Gubernur, Bupati/Wali Kota, sehingga sektor migas yang menjadi tulang punggung perekonomian Riau dapat berjalan sesuai harapan. Apalagi BUMD telah mendapat tawaran Participating Interest (PI) 10 persen," pungkasnya. (Putra/Rls



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar