Balap Sepeda Internasional Tour De Siak Resmi Dibuka, Alfedri : Ramaikan Kota Istana


Nusaperdana.com,--Iven Balap Sepeda Internasional Tour de Siak (TDSi) Riau tahun 2023 resmi dibuka Wakil Sekretaris Jendral PB ISSI Bidang Organisasi Dedi Kurniawan mewakili Ketua Umum PB ISSI Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo, di Lapangan Siak Bermadah, Jumat (1/12/2023) malam.

Pembukaan Tour De Siak yang ke 9 (sembilan) kalinya ini, ditandai dengan mengayuh sepeda serentak yang dikayuh Kapolda Riau Irjen M iqbal, Kadis Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat, Wasekjen PB ISSI Bidang Organisasi Dedi Kurniawan, Bupati Siak Alfedri, dan Kasrem 031 Wirabima Riau Kolonel Infantri Ahmad Daeng Leo.

Kayuhan sepeda dibarengi dengan luncuran kembang api dan sorai ribuan tepuk tangan penonton yang menyaksikan pembukaan TDSi 2023.

Dalam membuka Iven TDSi, Wakil Sekretaris Jendral PB ISSI Bidang Organisasi Dedi Kurniawan menyebutkan Tour de Siak di tahun 2023 ini yang paling banyak peserta asingnya. Dan animo masyarakat kabupaten Siak dalam menyambut TDSi sungguh luar biasa. 

"Meskipun hujan, Tuhan mengizinkan masyarakat Siak menikmati grand opening TDSi 2023. Sampai saat ini belum ada kendala, dan besok peserta sudah bisa mulai bertanding. Dengan ini Tour de Siak resmi dibuka" ucapnya.

Bupati Siak, Alfedri dalam sambutannya menyampaikan bahwa Iven Tour De Siak merupakan ajang mempromosikan Kabupaten Siak Provinsi Riau hingga ke mancanegara, yang dilaksanakan dengan perlombaan balap sepeda dengan rute balap yang melalui objek-objek wisata dan ikon-ikon pariwisata. 

Tour De Siak Tahun 2023 ini diikuti oleh atlit-atlit terbaik perwakilan tim dari 7 Negara, diantaranya Negara Brunei Darussalam, Malaysia, Fhilipines, Thailand, Vietnam, Korea, dan Singapore, serta diikuti juga atlit-atlit hebat perwakilan tim dari Jakarta, Pontianak, Jogjakarta dan Riau, dengan jumlah total 13 tim yang mengikuti perlombaan.

Pada Iven Tour De Siak Tahun 2023 ini dilaksanakan rute balapan menjadi 3 Etape. Etape 1 melewati Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak, dengan jarak tempuh 127 km, Etape 2 melewati Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang, Siak, dengan jarak tempuh 170 km, dan Etape 3 pelaksanaan Siak City Race (6 lap) dengan jarak tempuh 108 km.

"Saya menghimbau selama 3 hari kedepan marilah bersama-sama kita menyaksikan perlombaan kegiatan Tour De Siak, mari kita ramaikan Kota Istana ini, dan ajak kerabat keluarga Bapak dan Ibu sekalian untuk datang ke Siak" ujar Alfedri.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Riau Irjen M iqbal mengatakan bahwa Tour de Siak hampir sama dengan Tour de France, artinya kabupaten Siak telah mendunia. 

"Selamat bertanding di ajang balap yang luar biasa, dalam kapasitas saya sebagai polisi, saya hanya himbau jaga keamanan dan jaga sportivitas. Ini adalah iven yang sangat luar biasa, kita ingin mengharumkan nama Provinsi Riau dan Kabupaten Siak khususnya" tutup Irjen Iqbal. (Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar