Banjir Landa Beberapa Daerah di Aceh Singkil


Nusaperdana.com, Aceh Singkil - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Singkil sejak beberapa hari lalu mengakibatkan luapan banjir di berbagai Kecamatan di Kabupaten Tersebut. 

Penelususan dilakukan oleh BPBD Kabupaten Aceh Singkil hujan deras juga mangakibatkan meningkatnya debit air sungai hingga meluap ke daratan. Sungai yang meluap yakni Lae Cinendang, Lae Ordi dan Lae Sulampi. 

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Singkil, Mohd Ichsan menyampaikan melalui laporan Pudalops PB Aceh Singkil saat dihubungi melalui pesan singkat Whatsapp banjir terjadi beberapa titik yang tersebar di berbagai kecamatan. (20/05)

Adapun kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Suro, Kecamatan Singkil Utara, Kecamatan Danau Paris, Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah. 

Secara rinci data titik banjir yang dihimpun nusaperdana.com sebagai berikut  : 

Laporan dari Kepala Desa Bulusema Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil bahwa telah terjadi Banjir di Desa Bulusema pada malam hari ini, pukul  +- 19.50 Wib yg mengakibatkan sebagian rumah terendam dan menggenangi jalan Nasional Singkil - Subulussalam. Sesuai laporan dari Camat Kec. Singkil Utara, bahwa pada hari Senin, 17 Mei 2021 Pukul +- 21.00 Wib telah terjadi banjir di Dusun II (PKK) Desa Kampung Baru dan Desa Ketapang Indah Kec. Singkil Kab. Aceh Singkil. 

Selanjutnya, laporan dari Sekdes Desa Lae Balno Kec. Danau Paris, bahwa pada Hari Senin, 17 Mei 2021 Pukul +- 22.00 Wib telah terjadi banjir di Desa Lae Balno Kec. Danau Paris Kab. Aceh Singkil. Laporan Camat Kec. Danau paris pagi ini bahwa telah terjadi banjir di Desa Situban Makmur Kec. Danau Paris 

Selain itu, laporan dari Kec. Simpang kanan saat ini bahwa saat ini Banjir terjadi di 6 Desa di Kec. Simpang Kanan dan  Laporan dari Camat Kec. Gunung Meriah bahwa saat ini banjir sedang terjadi di 6 Desa di Kec. Gunung Meriah, serta laporan dari Camat Kecamatan Singkil pada hari ini Rabu, 19 Mei 2021, bahwa saat ini banjir sedang terjadi di 2 Desa dalam Kec. Singkil.

Banjir tersebut mengakibatkan Terendamnya jalan Nasional Simpang Kanan-Subulussalam, sebaian rumah warga, fasilitas umum dan lahan sawah warga. Kemudian juga mengakibatkan longsung di bahu jalan di kecamatan simpang kanan. 

Hingga berita ini doterbitkan, kondisi para pengungsi sudah kembali ke rumah masing masing. 

Uapaya yang dilakukan oleh TIM yakni koordinasi dan update laporan, TRC BPBP juga standby di lokasi, disamping itu BPBD juga telah menyalurkan bantuan masa panik bagi para warga terkena dampak banjir. (Sulaiman)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar