Banyak Desa di Kecamatan Kampar Kiri Tengah Tak Pasang Papan Informasi Anggaran Desa


Nusaperdana.com, Kampar - Beberapa desa di Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Provinsi Riau belum memasang papan informasi penggunaan Dana Desa (DD). Hal itu diketahui saat wartawan melakukan pantauan, Jumat, 10 Juni 2022. 

Adapun desa-desa yang terpantau tidak memasang papan informasi anggaran desa ialah Desa Hidup Baru, Desa Karya Bhakti, Desa Koto Damai, Desa Mayang Pongkai, Desa Mekar Jaya dan beberapa lainnya.

Ketika ditanya, para kepala desa beralasan papan informasi rincian anggaran desa belum terpasang lantaran masih proses percetakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, dana desa (DD) sudah sekitar lebih kurang satu bulan yang lalu telah cair. Seharusnya sebelum satu Minggu sudah pencairan dana desa (DD) kepala desa (kades) seharusnya sudah memasang papan informasi dana desa.

Fungsi papan informasi penggunaan APBDes sendiri agar masyarakat tahu kemana dan untuk apa dana desa sebagaimana kita ketahui bahwa Pemerintah Desa wajib memasang dan publikasi anggaran Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD), Publikasi ini dilakukan sebagai bentuk transfaransi informasi Publik sebagaimana diatur dalam Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Lalu ada ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa serta Peraturan Menteri Dalam Negeri. No. 73 Tahun Tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa.

Selanjutnya wartawan melakukan konfirmasi ke Camat Kampar Kiri Tengah Ganda, lewat WhatsApp pribadinya, mengatakan," Kmren sudah kita tindaklanjuti kepada kawan-kawan kepala desa, terkait hal tersebut, kasih sudah mengingtkan ya," tutupnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar