Nusaperdana.com - Masih belia, bertalenta, dan potensial. Begitulah nilai jual dalam diri attacking midfielder Bayer Leverkusen Kai Havertz.

Selain winger Borussia Dortmund Jadon Sancho, Havertz juga digadang-gadang bisa mencapai banderol EUR 100 juta (Rp1,57 triliun) seandainya dilepas pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Bayern disebut sudah mengiming-imingi Leverkusen EUR 90 juta (Rp1,41 triliun) untuk Havertz. Selain Bayern, pemain 20 tahun itu menarik minat klub-klub elite Eropa lainnya seperti Manchester United, Chelsea, Real Madrid, hingga FC Barcelona. Meski, nilai tawar mereka tetap berada di bawah Bayern.

"Satu yang sudah pasti. Havertz pemain yang belum jadi. Bukan bermaksud negatif, tetapi aku masih melihat potensi peningkatan dalam pengembangan pribadi dan gestur tubuhnya," kata mantan gelandang Leverkusen yang pernah merasakan atmosfer Premier League bersama Chelsea, Michael Ballack, kepada Sport1.

Meski begitu, Ballack sepakat bahwa Havertz layak disebut sebagai alleskoenner. Yakni, sebutan untuk pemain yang bisa melakukan apa saja di lapangan.

"Dia memiliki kedua kaki yang sama-sama bagus, bisa mencetak gol melalui sundulan, dan bermain di semua posisi di lini tengah," kata kiper Leverkusen Lukas Hradecky di laman resmi Bundesliga.

Laga melawan Bayern dalam spieltag ke-30 di BayArena malam nanti (siaran langsung Fox Sports/Mola TV pukul 20.30 WIB) bisa menjadi pengukur kelayakan sebutan itu. Juga, apakah pemain termuda yang mampu melewati 100 laga Bundesliga (kini 114 laga) tersebut layak dibanderol selangit.

Secara statistik, Havertz yang mengoleksi 11 gol dan 5 assist di Bundesliga musim ini patut diwaspadai Bayern. Meski, ketika Die Roten –julukan Bayern– dipermalukan Leverkusen 1-2 di Allianz Arena dalam spieltag ke-13 (1/12/2019), Havertz hanya duduk manis di bangku cadangan sepanjang laga.

Direktur Pelaksana Olahraga Leverkusen Rudi Voeller menyatakan, Havertz belum teruji dalam laga-laga besar. Karena itu, dia masih berharap salah satu aset terbesar klubnya tersebut tak buru-buru angkat koper.

"Setidaknya aku bisa menahannya semusim lagi," harap mantan striker andalan timnas Jerman tersebut.

Secara terpisah, di laman resmi klub, der trainer Bayern Hans-Dieter Flick mengungkapkan bahwa dirinya mengenal Havertz sejak di timnas Jerman U-17. Tepat di awal-awal Havertz promosi ke tim senior Leverkusen.

"Dia berkembang pesat sejak saat itu. Dia bermain dengan cerdas di antara lini. Begitu pula ketika memegang bola. Dia pesepak bola yang hebat," puji Flick.

Karena itu, Flick sejatinya tidak berharap menghadapi Havertz malam nanti. "Kalau ada pelatih yang berkeberatan ada Kai dalam tim lawannya, aku salah satunya," ucap pelatih yang membidik streak kemenangan kesembilan di Bundesliga malam nanti tersebut.

Perkiraan Pemain

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): 1-Hradecky (g); 23-Weiser, 5-Bender, 12-Tapsoba, 22-Sinkgraven; 20-Aranguiz, 10-Demirbay; 38-Bellarabi, 11-Amiri, 19-Diaby; 29-Havertz (c)
Pelatih: Peter Bosz

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 1-Neuer (g/c); 5-Pavard, 17-Boateng, 27-Alaba, 19-Davies; 32-Kimmich, 6-Thiago; 22-Gnabry, 25-Mueller, 29-Coman; 9-Lewandowski
Pelatih: Hans-Dieter Flick

Stadion: BayArena, Leverkusen
Live: Fox Sports/Mola TV pukul 20.30 WIB

Bursa Asian Handicap: 1 ¼:0



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar