Berkat di Koordinasi Bupati, PT. Jatim Bantu Pemkab Rohil Perbaiki Jalan Lintas Kubu yang Rusak Parah

Berkat di Koordinasi Bupati, PT. Jatim Bantu Pemkab Rohil Perbaiki Jalan Lintas Kubu yang Rusak Parah

Nusaperdana.com, KUBU-- Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIp MSi merespon cepat soal adanya keluhan masyarakat Kecamatan Kubu mengenai parahnya kerusakan jalan lintas Kubu. Oleh sebab itu, Bupati Rohil melakukan koordinasi meminta perusahaan sekitar yakni, PT Jatim Jaya Perkasa untuk bersama-sama dengan Pemkab Rohil melakukan perbaikan jalan.

Dalam hal ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) bersama dengan PT Jatim sama-sama menurunkan alat berat berupa grader dan bomag untuk memperbaiki beberapa titik ruas jalan dari Simpang Damar menuju Kelompok Tani sampai ke Simpang Travo KM.6 Balam dan KM.0 Balam Bangko Pusako.

Perbaikan jalan yang dilakukan PT. JJP dengan cara pengerasan dengan menggunakan batu sertu dan batu petrun. Kemudian menerjunkan dua alat berat berupa satu unit Greder dan satu unit Conpek untuk meratakan batu-batu yang diserak di setiap titik jalan terparah.

“Perbaikan Jalan Lintas Kubu yang dilakukan PT Jatim Jaya Perkasa merupakan tindak lanjut pertemuan tahun 2022 lalu yang difasilitasi oleh bapak Bupati antara tokoh masyarakat dengan PT Jatim Jaya Perkasa dan PT Pertamina Hulu Rokan, baru-baru ini pak Bupati juga ada menghubungi pihak prusahaan PT Jatim Jaya Perkasa,” kata Humas PT Jatim Jaya Perkasa, Romaito Hasibuan.

Lanjut Romaito, dalam pertemuan tersebut Bupati Rohil, Afrizal Sintong meminta perusahaan PT Jatim Jaya Perkasa untuk terlibat langsung melakukan perbaikan jalan demi kelancaran angkutan hasil perkebunan masyarakat dan perusahaan.

“Menindak lanjuti pertemuan yang di fasilitasi langsung oleh pak Bupati, perusahaan PT Jatim Jaya Perkasa menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan lintas Kubu,” ujarnya.

Diuraikan Humas, perbaikan jalan lintas kubu dilakukan PT Jatim Jaya Perkasa sejak tanggal 8 -27 November 2023 dan sudah memasuki hari ke-19 dengan menggunakan material batu serta dan batu petrun dengan rute dari Simpang Damar Kilo meter (Km) 40 menuju simpang Trafo kilo meter (Km) 09.

“Perbaikan jalan lintas kubu yang kita lakukan dengan melakukan penimbunan dan pengerasan berupa batu sertu sebanyak 528 ton (16 tronton red) dan batu petrun 66 ton (2 tronton red) menelan anggaran mencapai Rp 254.682.000 (dua ratus lima puluh empat juga enam ratus delapan puluh dua ribu rupiah),” ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini alat berat milik perusakan PT Jatim Jaya Perkasa terus melakukan perbaikan jalan lintas kubu berkolaborasi dengan Pemkab Rohil juga menerjunkan alat berat milik Dinas PUTR.

“Alat berat kita masih stanbay di lapangan melakukan perbaikan, alat berat milik Pemda Rohil juga ada dilapangan, perbaikan jalan lintas kubu ini akan terus kita lakukan dengan secara berlanjut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan,” pungkasnya

Sementara itu Bupati Afrizal Sintong mengatakan, sebelumnya pada tahun lalu Pemkab Rohil sudah memanggil PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan PT Jatim dan telah bersama-sama melakukan perbaikan jalan tersebut.

Namun, karena kondisi intensitas hujan yang cukup tinggi dan banyaknya mobil-mobil truk pengusaha sawit yang melintas melebihi kapasitas, menjadi salah satu penyebab jalan tersebut kembali rusak.

Oleh sebab itu, Bupati meminta dengan tegas, kepada seluruh pengusaha maupun perusahaan yang melintas dijalan lintas Kubu untuk sama-sama menjaga kondisi jalan dengan tidak menjalankan truk yang bermuatan over kapasitas.(adv)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar