Bersama Forkopimda, Kapolres Bengkalis Gelar Rakor Penanganan Karhutla 2020


Nusaperdana.com, Bengkalis - keseriusan forkopimda kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan bebas dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020, Polres bengkalis gelar rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla di lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Selasa (17/12/2019) .

Dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin SE, MM, Ketua DPRD kab, bengkalis diwakili komisi II H. Arianto, MP , Dandim 0303 /bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto S.Sos, Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto S.IK, MH , kepala kejaksaan Negeri bengkalis Nanik Kushartanti SH, MH , kepala BPBD bengkalis Ir. H. Tajul Mudarris MT, Danramil 01 /bengkalis Mayor Arm Bismi Tambunan SE, Para Kapolsek se-kabupaten bengkalis, serta Babinsa, babinkamtibmas, camat,kepala desa/lurah se-kabupaten bengkalis, Ketua LAMR kab. Bengkalis H. Zainuddin Yusup, dan juga perwakilan dari perusahaan yang ada di wilayah kab. Bengkalis , anggota Forum Komunikasi Daerah lingkup kab. Bengkalis

Rakor merupakan sebuah kebanggaan dan sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua,untuk bisa membuat langkah strategis dalam upaya pencegahan dan mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten. Bengkalis sedini mungkin.ucap bupati bengkalis dalam sambutannya

Ditambahkan Bupati Amri, Melalui rakor ini diharapkan dapat terwujudnya perencanaan yang matang dibidang penanggulangan bencana serta terjalinya hubungan dan sinergi yang harmonis antara Badan Penanggulangan Bencana(BPBD) Kab. Bengkalis bersama pihak Kecamatan maupun Stakeholter lainya.

Pada kesempatan yang sama Expose dari
Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, S mengatakan bahwa yang bertanggung jawab kebakaran hutan dan lahan antara lain Pemerintah,Lembaga usaha/ Perusahaan, Akademsi, Masyarakat dan juga Media.

Dalam hal ini pihaknya juga melaksanakan perintah Komando tentang Kebijakan dan sasaran yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0303/Bengkalis diantara nya melaksanakan patroli Karhutla dan Patroli agresif secara terpadu di Wilayah Kabupaten Bengkalis, Giat sosialisasi penyuluhan tentang UU peraturan - peraturan Karhutla Kepada seluruh masyarakat.

Dan juga pemadaman api dan proses pendinginan untuk menghilangkan asap dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, Serta melaksakana karya nyata sesuai komoniti wilayah masing- masing.

Sementara itu ditambah Expose dari Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto juga menyampaikan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan diantaranya membuat Embung dan kanal.

" Terima kasih Kepada Perusahaan, Camat dan Kepala Desa dan semua pihak yg sdh membantu dlm pembuatan Embung dan Canal," kata Kapolres.

Ditambahkan bahwa pihaknya juga telah mengadakan Penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh anggota Babinkhamtibmas di wilayah masing- masing bahaya dan dampak kebakaran hutan dan lahan.

Kita juga sudah melakukan sosialisasi Amaran Kapolda Riau Melalui Bhabin Kamtibmas. Kepada Masyarakat yang dekat Titik Rawan Karlahut.Dan hingga saat ini kita sudah Menangani Kasus Karlahut sebanyak 9 Laporan Perkara dan sudah 7. Perkara yg P21. dan 2 lagi sudah SPDP.

"Kita harap Semua Pihak utk saling mendukung di Tahun 2020," ucapnya.**(putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar