Bupati Kalatiku Buka Sosialisasi Dana Alokasi Khusus Tahun 2020 Bidang SMP


Nusaperdana.com, Toraja Utara - Bupati Toraja Utara membuka secara resmi Sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 Bidang SMP di aula SMPN 1 Kesu', Rabu (3/6/2020).

Bupati Kalatiku dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga sebab kabupaten Toraja Utara berada pada posisi 5 besar pendidikan di Sulsel, ini berarti bahwa ada kemajuan dibidang pendidikan, dengan pendidikan secara sungguh - sungguh mengolah administrasi.

Lanjutnya, Mengolah pembelajaran sebagai kekuatan inti juga memperhatikan sarana dan prasarana, perlu rehab terhadap bangunan sekolah yang rusak, anak - anak diajarkan kebersihan dengan penyediaan toilet dan pengadaan air bersih dan juga masalah pendidikan perlu dibicarakan dengan lembang/lurah. 

"Pendidikan merupakan proyek yang strategi untuk jangka panjang, saat ini melalui crisis centre menghadirkan guru handal untuk mengakses pelajaran melalui medsos yang akan menjadi pembelajaran bagi guru lain," tambah Bupati.

"Administrasi ditertibkan betul-betul, kepala sekolah harus berinovasi dan berkreasi ditempat masing- masing dan berkoordinasi serta berkomunikasi antar komite, kepala dinas dan bupati," tegasnya.

Sementara Ariel D Pasongkin menganjurkan kepada segenap kepala sekolah dan ketua komite agar rajin membaca aturan terutama yang berhubungan dengan tugas dan tanggungjawabnya. Adapun Peraturan yang mengatur Petunjuk Operasional DAK fisik sesuai den gan Permendikbud No 8 tahun 2015.

Herman Pabesak sangat mengapresiasi kinerja dan pertanggungjawaban 
Dinas Pendidikan atas capaian yang diraih diatas 95 persen dan juga laporan pertanggungjawaban bupati yang semakin meningkat.

Jumlah DAK tahun anggaran 2020 yang diberikan oleh Pemerintah kabupaten Toraja Utara sebagai pihak pertama kepada pihak sekolah selaku pihak kedua sesuai dengan yang tertera pada MoU yang telah ditanda Tangani.

Turut hadir ketua Komisi I DPRD kabupaten Toraja Utara  Bidang Pendidikan Herman Pabesak, Kepala satuan Intelijen Kejaksaan Negri Tana Toraja  Ariel D Pasongkin, Kepala Dinas Pendidikan Toraja Utara Yermia T M Marewa, kepala BPKAD Matius Sampelalong, Sekertaris Diskominfo SP Anugrah Y Rundupadang dan segenap kepala sekolah dan ketua komite bidang SMP sekabupaten Toraja Utara yang menerima Dana DAK. (Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar