Bupati Labuhanbatu Awali Program Sapa Desa di Desa Afd II Kecamatan Bilah Barat

Bupati Labuhanbatu Awali Program Sapa Desa di Desa Afd II Kecamatan Bilah Barat

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - Bupati Kabupaten Labuhanbatu dr H Erik Adtarada Ritonga MKM memulai program "sapa desa". Kegiatan tersebut diawali di Desa Afd II Desa Janji Kecamatan Bilah Barat. Kegiatan "sapa desa" itu digelar di Bumdes Mekar Afd II Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat Senin (16/10).

Bupati melounching kegiatan " sapa desa" sebagai tindak lanjut rencana yang telah diprogramkan sebelumnya.

Pada awal program kegiatan "Sapa Desa" Bupati menampilkan bermacam UMKM, juga diperdana kegiatan itu dimulai program berbagai pelayanan, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, BPJS kesehatan, ketenaga kerjaan, pajak kendaraan, pendidikan, perizinan guna memberi langkah mempermudah masyarakat melakukan pengurusan.

Pada kesempatan itu mengatakan program "sapa desa" dipandang perlu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan langsung layanan kepada masyarakat di desa.

"Dengan demikian masyarakat lebih mudah dan terbantu dalam pengurusan yang dibutuhkan" ucap Bupati.

Ditegaskan Bupati bahwa kepada para pimpinan OPD (dinas dinas terkait) yang berfungsi dan bertugas sebagai pelayanan, ditegaskan agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di desa  " Saya tegaskan kepada dinas dinas yang bertugas sebagai pelayan, untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat desa,".tegas Bupati.
 

"Seperti Disdukcapil sapalah masyarakat sampai ke pelosok desa, terkhusus bagi masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten diharapkan dapat menjemput ke desa agar masyarakat lebih mudah dan terbantu dalam mengurus administrasi kependudukannya" himbau Bupati.


Sementara kepada dinas yang lain, Bupati berharap dapat melakukan apa yang yang tujuan program "Sapa Sapa".

"Bukan hanya Bupati yang melakukan "Sapa Desa"tapi semua perangkat pemerintahan kabupaten harus melakukan "sapa desa" dengan memberikan pelayanan terbaik. sesuai tupoksi masing masing"

Diakhir kesempatan Bupati kembali menegaskan agar "sapa desa" tidak hanya sekedar kegiatan serimonial, Lebih tegas lagi Bupati mengatakan jangan sampai ada satupun kegiatan "sapa desa" yang tidak berjalan, mari kita laksanakan secara bersama sama, himbau Bupati.

Lounching kegiatan "sapa desa" tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar SPd.MM, Wakil ketua DPRD Labuhanbatu Arsyad Rangkuti, Kasdim 0209 Labuhanbatu Mayor Inf Hendra Gunawan, Kalau Kemenag Labuhanbatu Dr H Asbin Pasaribu, Sekdakab Labuhanbatu Ir Hasan Heri Rambe, Ketua TP PKK dr Hj Maya Hasmita Sp.OG.MM para Kadis, Kaban, Kabag, Camat serta Lurah dan Kades SE Kabupaten Labuhanbatu.

Acara dirangkai dengan pemberian BLT, DD, pembagian bibit buah buahan, ternak sapi, alat pertanian seperti jetor, bea siswa serta beras yang diberikan kepada ratusan masyarakat desa yang hadir.

Disdukcapil pada kesempatan tersebut menyatakan kesiapan untuk jemput bola hingga pelosok desa untuk kepengurusan administrasi kependudukan masyarakat. Juga PMI tak ketinggalan untuk mendukung program "sapa desa" untuk menyediakan ambulance yang dapat digunakan masyarakat.

Diacara itu Dimas Kesehatan memberikan pelayanan dengan menyediakan makanan gizi tambahan secara gratis di Puskesmas guna mendukung program Bolo Labuhanbatu yang di cetuskan Bupati.(H Ucok Tandjung).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar