Bupati Sukiman Wujudkan Anak Rokan Hulu Sehat dan Bebas Polio

Bupati Rokan Hulu Minta Camat, Kades, Lurah Berikan Fasilitas pada Satker Crash Program polio

Nusaperdana.com, Rohul - Bupati Rokan Hulu H. Sukiman  tingkatkan pencanangan crash program polio tingkat Kabupaten Rokan Hulu dan penimbangan balita secara serentak pada bulan Maret 2023 diadakan di Halaman kantor Bupati Rokan Hulu, Senin (06/03/2023).

Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan kelumpuhan/ bisa cacat seumur hidup, hingga kematian, polio menular lewat air dan makanan yang terkontamina
si dengan tinja yang mengandung virus polio

"penyakit polio tidak dapat diobati, hanya dapat dicegah dengan imunisasi polio"

Hadir dalam Acara tersebut, Wakil Bupati Rokan H. Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Muhammad Zaki, SSTP, M.Si, Para asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK kabupaten Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman,Ketua II TP PKK Ny Siska Irdaningsih SH beserta seluruh pengurus TP PKK Kabupaten,  Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul dan anak-anak generasi golden age Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan saat ini sedang banyak terjadi kejadian luar biasa (KLB),  salah satunya di provinsi aceh yang pada awal november 2022 lalu ditemukan kasus polio VDVP 2 di Kabupaten Pidie.

"mengingat secara geografis provinsi riau berdekatan dengan provinsi aceh, dan adanya hasil risk assessment dikategorikan sebagai provinsi yang berisiko tinggi terhadap penularan virus polio, maka pemerintah kabupaten rokan hulu melalui satuan kerja akan melakukan kegiatan crash program polio dilaksanakan serentak di provinsi riau

Pencegahan polio yakni dengan memberikan imunisasi yang merupakan intervensi kunci dalam upaya pencegahan polio dan kegiatan ini juga sejalan dengan surat edaran dari Menteri Kesehatan RI no. SR.02.06/Menkes/2023 tanggal 20 januari 2023 perihal pelaksanaan crash pogram dalam rangka pencegahan  penularan virus polio dan surat instruksi Gubernur Riau no. 443/Dinkes/1173 tanggal 1 februari 2023 perihal pelaksanaan crash program polio.

"Menteri Kesehatan RI dan Gubernur Riau sudah mengeluar Surat Edaran, oleh karena itu kabupaten rokan hulu akan melaksanakan crash program polio dalam satu pekan yang dimulai pada tanggal 6 maret 2023 dengan target anak berusia 0 – 59 bulan yang berjumlah 75.094 anak, upaya ini penting dalam mempertahankan status indonesia bebas polio 2026 nanti" ujarnya.

Bupati Sukiman menegaskan kepada satuankerja secepatnya melaksakan sosialisasi dan imunisasi kepada anak-anak umur 0 – 59 bulan di kabupaten rokan hulu, dan kepada camat, lurah dan kades bisa memberikan kemudahan fasilitas kepada petugas agar mereka dapat menjalankan tugas nya.

"program ini sangat penting, agar kegiatan crash program polio yang merupakan pemberian imunisasi tambahan 1 dosis tetes polio kepada anak berusia 0-59 bulan dan 1 dosis suntik polio diberikan pada anak yang berusia 4 – 59 bulan. dan ingat bahwa tetes polio dan suntik polio dapat diperoleh gratis di posyandu, puskesmas, TK/ PAUD dan pos imunisasi lainnya"terang Bupati

Sukiman mengajak kepada semua Sektor untuk bekerjasama Mensukseskan pencanangan crash Program Polio agar bisa melindungi anak Rokan hulu yang sehat dan bebas polio.

Pelaksanaan Crash Program Polio di mulai hari ini ditandai dengan Pelepasan Balon Oleh Bupati Rokan Hulu didampingi Ketua TP PKK Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu, mengawali memberikan Vaksin tetes polio kepada  anak anak yang hadir dan dilanjut dengan Ketua TP PKK Rokan hulu Hj Feni herawati, Sekretaris Daerah M Zaki beserta Ketua II TP PKK. (MC KOMINFO/GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar