Camat Talang Muandau Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas APD Ditaja BKAD

Camat Talang Muandau Risky Foto Bersama Dengan BKAD Talang Muandau

Nusaperdana.com,Bathin Solapan - Camat Talang Muandau Risky Afriandy  S.STP, M.Si membuka secara pelatihan peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (APD) se-Kecamatan Talang Muandau Tahun 2023 tentang pelaksanaan pengadaan Barang dan Jasa di Desa, Sabtu (25/8/2023). 

Bertempat di Surya Hotel Duri, kegiatan yang ditaja Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Talang Muandau, dihadiri 9 Kepala Desa dan Aparatur Desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). 

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari 25 hingga 27 Agustus 2023 dengan narasumber Kepala Bidang Pemerintah Desa (Kabid Pemdes) Kabupaten Bengkalis Rinaldi dan Suryadi. 

Camat Talang Muandau Risky Afriandy dalam sambutannya mengatakan pembangunan lebih terarah, apa lagi adanya program Bupati Bengkalis ibu Kasmarni dengan dana desa, 1 Miliyar 1 Desa dan 1 miliyar 1 Kelurahan serta 1 miliyar 1 Kecamatan serta bantuan keuangan lainnya yang menjadi tanggung jawab bersama.

"Dengan adanya program ini, seluruh aparatur desa mampu mendayagunakan segala potensi yang ada di desa, untuk mendukung proses pembangunan desa, termasuk berupaya mengatasi prioritas permasalahan daerah seperti stunting dan semacamnya," ucapnya. 

Ia menyebutkan, semakin meningkatnya kapasitas aparatur desa, baik kades, sekdes dan komponen lainnya, maka dapat memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa. Bila tanpa kesatu paduan diantara elemen maka gerak langkahnya akan sulit, untuk itu harus dibangun semangat kebersamaan.

"Kesuksesan pelaksanaan seluruh program pembangunan salah satunya adalah terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah maju dan sejahtera. Kepala desa beserta jajarannya memegang peranan penting, karena saudara-saudara semua adalah ujung tombak keberhasilan pembangunan di desa," kata Camat Risky membuka pelatihan tersebut. 

Sementara itu, Ketua BKAD Kecamatan Talang Muandau Khaidir menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Bupati No 77 tahun 2022, tentang tata cara pelaksanaan pengadaan barang dan jasa desa di wilayah Kabupaten Bengkalis. 

"Kegiatan ini diikuti peserta dari 9 Desa sebanyak 113 orang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan aparatur desa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya di desa," harapnya. 

Pada acara pelatihan peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (APD), Camat Talang Muandau Risky didampingi Ketua BKAD Talang Muandau dan narasumber juga menyerahkan secara simbolis kartu Tanda peserta pelatihan.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar