Camat Wahyudi: RTH Taman Sungai Apit yg diberi nama Taman Syarifah Sembilan Mirip Daerah Disney Land


Nusaperdana.com, Siak - Peresmian RTP Taman Sungai Apit yg diberi nama Taman Syarifah Sembilan Lokasi taman tersebut berada di bekas kantor camat lama, sebelum dibangun taman sempat terjadi perdebatan dan akhirnya disepakati untuk dibangun taman kota.Minggu (20/09/2020).

Camat Sungai Apit Wahyudi, pemberian nama taman tersebut sudah hasil kesepakatan bersama dengan seluruh Pemuka Masyarakat. Dijelaskannya, Syarifah Sembilan adalah Srikandi kerajaan Siak pada jaman raja Kecik yang menjaga pintu masuk ke Sungai Siak di Tanjung Kuras.

Menurut cerita, kata Camat Wahyudi, Srikandi ini mengusir penjajah dengan cara yang unik, yaitu dengan tari Zapin. Tarian Zapin Syarifah Sembilan ini pernah ditampilkan pada acara Festival Siak Bermadah tahun 2010 yang dibawakan oleh peserta dari kecamatan Sungai Apit.

“Taman ini sudah ramai dikunjungi masyarakat, bahkan sampai mengalahkan Disney Land”, seloroh Camat Yudi.

Pihaknya sudah mengusulkan kedalam situs cagar budaya, dan sudah ditelusuri sampai ke Tanjung Kuras. Bukti sejarahnya ada tiga makam di kampung tersebut, pertama makam Syarifah Sembilan, Makam Guru Ngaji dan makam Empang Kualo.

“Dengan dibukaknya RTH ini bisa menjadi salah satu tempat destinasi wisata kecamatan sungai apit. Selain itu juga bisa menjadi objek bagi masyarakat sungai apit yg ingin menampilkan kesenian lokal dan memperkenalkannya di taman ini melalui panggung yg telah disediakan”. Ujur Beliau.

“RTH ini juga sebagai tempat anak-anak bermain dan masyrakat utk melepaskan lelah bisa berkumpul di taman ini, dan nantinya agar masyrakat bisa bersama-sama menjaga dan memanfaatkan taman ini sebaik2nya serta juga memiliki rasa bangga memiliki taman yg besar dan indah ini”. Pungkas Camat sungai Apit tersebut. (Doni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar