Cegah Covid-19, Pemkab Torut Bagikan Masker dan Penyemprotan Disenfektan di Fasilitas Publik


Nusaperdana.com, Toraja Utara - Dalam rangka pencegahan virus Corona (Covid-19), Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara (PEMKAB TORUT) melalui Satgas Covid-19 melakukan sosialisasi, pembagian masker dan penyemprotan disenfektan di fasilitas publik seperti ditempat ibadah baik itu gereja dan masjid.

Pantauan media di lokasi, Sabtu (21/3/2020) Satgas Covid-19 ini membagikan juga masker (penutup mulut) kepada pejalan kaki dan pengendara 4 titik yakni di Puskesmas tallunglipu, pasar bolu kecamatan tallunglipu dan pusat ibukota rantepao kandean dulang, serta kantor BPBD toraja utara.

Ditemui media, Lurah Tallunglipu Rini Maliku didampingi Kepala Puskesmas Tallunglipu berbagi tips menjaga kesehatan seperti  "dimulai dari senantiasa menjaga kebersihan tangan (cuci tangan) karena sabun dalam 3 detik dapat membunuh kuman, hal ini juga di apresiasi oleh Lurah Tallunglipu dengan adanya Satgas Covid-19," kata Rini Maliku.

Menambahkan hal itu, Kepala Puskesmas Tallunglipu Sarce Tangdan menjelaskan langkah awal yang ditempuh dalam penanganan Covid-19 ialah melakukan deteksi dini seperti pemantauan kepada pasien yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat.

"Kami juga masuk dalam satgas Covid-19 tim juga senantiasa akan melaksanakan deteksi dini sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan pasien yang hendak datang berobat di instruksikan terlebih dahulu mencuci tangan dan menjaga jarak tempat duduk yang telah ditentukan oleh SOP Puskesmas Tallunglipu. 
Mari kita melakukan pola hidup yang sehat, jaga kesehatan dan minum suplemen," tambah Sarce.
 
Dilain lokasi di kecamatan Rantepao tepatnya di Rumah Ibadah Gereja Besarb Rantepao, ditemui media Desi Randa Lembang Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Torut mengatakan, "hari ini kita melaksanakan penyemprotan disenfektan di rumah-rumah ibadah, seperti BPS GT, Gereja besar Rantepao, Mesjid Besar Rantepao, Gereja Katolik sampai sekarang ada beberapa tempat yang kami datangi termasuk daerah perbatasan. Tak hanya itu kami juga telah membagikan masker kurang kebih 2000 masker yang disebarkan kepada OPD dan Masyarakat," kata Kabid Kesehatan Masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Toraja Utara Anugerah Y.R yang juga sebagai anggota dari Satgas Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara dan Staf Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Torut dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Torut. (Rls/Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar