Cerita Kasmarni bersama Ibunya Hj Tengku Rukiah Ziarah ke Siak Sri Indrapura


Nusaperdana.com, Siak - Minggu Pertama November 2020 Calon bupati Bengkalis nomor urut 3, Kasmarni S.Sos MMP bersama ibunya Hj. Tengku Rukiah melakukan ziarah kubur ke makam leluhurnya di Siak Sri Indrapura.

Mantan Camat Pinggir itu mengawali Ziarah ke Makam kakeknya Tengku Yahya binti Tengku Endut di Pemakaman Koto Tinggi, disana ia  bersama Ibunya Hj. Tengku Rukiah menundukkan kepala  seraya berdoa dan tahlil di untukkan kepada ayah/kakek yang sudah mendahului.

Banyak kisah perjuangan seorang ayah/kakek bagi ke dua perempuan yang punya kedekatan hati itu. Kasmarni pun memegang erat tangan ibunya di pusara itu.

Usai berdoa di makam Kakeknya, Kasmarni bersama ibunya mendatangi makam Sultan Syarif Kasim II  tak seberapa jauh dari makam Kakeknya yang berada di belakang Masjid Syahabuddin Siak. Disana Doa dan tahlilan pun dipanjatkan Kasmarni dan Bunda Hj Tengku Rukiyah dimakam Sultan terakhir Kesultanan Siak Indrapura yang termasuk Pahlawan Nasional itu.

Dari makam Sutan Syarif Kasim II,  Perempuan Pertama calon Bupati Bengkalis itu bersama ibunya melanjutkan ziarah ke makam Raja Kecik  di Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak. Raja Kecil yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rachmad Syah I ini merupakan pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura. Jasanya sangat besar dalam membangun kerajaan baru di Buantan yang diberi nama Siak Sri Indrapura.

"Banyak orang-orang berjasa bagi Republik ini. Kita generasi penerusnya hanya bisa memanjatkan doa bagi para pendahulu kita. Mudah-mudahan diberi kelapangan kubur dan amal ibadahnya diterima Allah SWT,"  Ucap Kasmarni sembari menadahkan tangannya.

Sementara itu, usai ziarah kubur,  ibunda Hj. Tengku Rukiah menyampaikan langkah putrinya Kasmarni  memantapkan hati maju sebagai calon bupati Bengkalis mendapat restu penuh dari keluarga. 

Dia dan keluarga besarnya berdoa agar semangat dan tekad Kasmarni yang ingin memperjuangkan marwah melayu  dan marwah seluruh suku di  Kabupaten Bengkalis diijabah Allah SWT.

"Dia putri melayu yang ingin mengangkat marwah melayu dan marwah seluruh suku yang ada di  Kabupaten Bengkalis. Ibu hanya bisa berdoa agar apa yang menjadi cita Ikas ini (panggilan akrab Kasmarni-red) diijabah Allah SWT," harap Tengku Rukiyah. (Putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar