Curi Ikan di Perairan Indonesia, KRI Bung Tomo-357 Kembali Mengamankan 1 KIA Vietnam


Nusaperdana.com, Anambas – KRI Bung Tomo - 357 berhasil mengamanakan 1 buah kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang diduga melakukan pelanggaran penangkapan ikan secara ilegal di Laut Natuna Utara pada hari  Minggu tanggal 23 Agustus 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan saat memberikan Keterangan Pers dihadapan para awak media yang berlangusng di Pelabuhan KAL Lanal Tarempa Anambas Kepri, Selasa (25/8/2020).

Danlanal Tarempa mengatakan “KRI Bung Tomo - 357 merupakan Bawah Komando Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Komando Armada (Guspurla Koarmada) I yang sedang melaksanakan tugas Operasi Rakata Jaya 20 yakni pengamanan garis Landas Kontinen Indonesia di perairan Laut Natura Utara”, tuturnya

Sambungnya “KRI Bung Tomo mendeteksi 1 buah KIA berbendera Vietnam yang sedang melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di dalam garis Landas Kontinen Indonesia sejauh 1.5 Nautical Mile (NM) di perairan Laut Natuna Utara”, sambungnya.

Lebih jauh dikatakan “Kapal KIA tersebut dengan nama KG 90186 TS berhasil diamankan KRI Bungtomo tanpa ada perlawanan, namun mereka sempat melarikan diri ke Utara dan dengan sengaja mematikan lampu kapal. Ditangkapnya KIA Berbendera Vietnam oleh KRI Bung Tomo – 357, merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut dalam menjaga wilayah perairan NKRI di Laut Natuna Utara sekaligus menjawab keresahan masyarakat Anambas”, jelasnya.

Danlanal menjelaskan “Setibanya KIA Vietnam di Pelabuhan KAL Lanal Tarempa, seluruh ABK diperiksa kesehatannya sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19, berikut barang yang dibawa serta kapal yang digunakan disterilkan dengan disemprot cairan disinfektan.

Setelah itu dilaksanakan isolasi mandiri di kapal dengan pengawasan ketat oleh personil Lanal Tarempa, untuk meyakinkan bahwa ke 12 ABK tidak membawa covid-19 ke Anambas dan agar tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat” pungkasnya.

KIA Vietnam dengan ABK sejumlah 12 orang warga negara Vietnam berikut hasil tangkapan berupa ikan  sebanyak 1 Ton diamankan  dan dilimpahkan guna penyidikan lebih lanjut oleh Lanal Tarempa. (wilson)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar