Dalih Beli LPJU, Dishub Labuhanbatu Geser Anggaran Sebelum Perubahan APBD 2021

Dalih Beli LPJU, Dishub Labuhanbatu Geser Anggaran Sebelum Perubahan APBD 2021

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu pada tahun 2021 menggeser anggaran di APBD sebelum perubahan APBD tahun 2021. Pergeseran anggaran itu dilakukan untuk belanja bahan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang belum tersedia anggarannya di APBD.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Iskandar, ST dan bawahannya Kepala Seksi  yang membidangi LPJU, Safrina Mahtari, kepada wartawan, Jum,at (10/6) sore di areal kantor Dinas Perhubungan Labuhanbatu.

Menurut keduanya, awalnya pemeliharaan LPJU merupakan tugas Dinas Perkim Labuhanbatu. Di pertengahan tahun 2021 tepatnya di bulan Juni , tugas itu berpindah ke Dinas Perhubungan. Namun saat tugas itu berpindah, di Dinas Perhubungan tidak tersedia anggaran pemeliharaan LPJU.

Mengingat kebutuhan LPJU saat itu mendesak, bendahara menggeser anggaran untuk biaya pendahuluan pemeliharaan LPJU. Saat ditanya anggaran darimana anggaran yang digeser untuk mendahulukan pemeliharaan LPJU, Tari meminta agar ditanyakan ke Bendahara.

"Kata bendahara ada anggaran digeser. Didahulukan gitu. Tanya lah bendahara. Saya tidak tahu itu. Pemeliharaan LPJU saat itu mendesak" kata Safrina Mahtari yang akrab disapa Tari.

Lebih lanjut Tari mengatakan, pada perubahan APBD 2021 dana pemeliharaan LPJU dialokasikan sebesar Rp 656.500.000 dan terealisasi sebesar Rp 494.443.875. Dia mengaku,  realisasi itu termasuk digunakan untuk menutupi dana pendahuluan pemeliharaan LPJU yang diperoleh dari Bendahara sebelumnya.

" Di perubahan APBD anggaran hampir lima ratus jutaan terealisasi. Ya sudah termasuk itu totalnya (dana pendahuluan,red)" terangnya.

Sayangnya,  bendahara yang dimaksud Tari telah pindah tugas dari Dinas Perhubungan." Sudah pindah tugas bendahara itu ke Dinas Lingkungan Hidup" sebut Iskandar menimpali.

Kabid Sarana dan Prasarana  Iskandar mengatakan, bahan pemeliharaan LPJU dipesan di bulan Juli 2021 melalui sistem e katalog. Sedangkan pemeliharaan dilaksanakan di bulan Agustus. 

Dikatakan Iskandar lagi, realisasi dana pemeliharaan LPJU sebesar Rp 494.443.875 digunakan untuk belanja lampu LED dan aksesorisnya, honor teknisi, biaya perjalan dinas dalam kota, beli perlengkapan seperti sepatu dan baju pengaman.

Lebih lanjut Iskandar bercerita, saat pemeliharaan LPJU berlangsung, dia sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat). Namun selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pemeliharaan LPJU, dia turut menandatangani dokumen untuk pencairan anggaran.(IS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar