Dandim 0104/Atim Serahkan 4 Unit Bioflok Kepada Dayah Asasul Islamiah Peureulak


Nusaperdana.com, Aceh Timur - Komandan Kodim 0104/Aceh Timur bersama unsur Muspida Kabupaten Aceh Timur melaksanakan serah terima Bioflok untuk pembudidayaan ikan Lele dan Nila pada program Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu tahun 2020 Kodim 0104/Aceh Timur di Dayah Asasul Islamiah, Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (08-12-2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Aceh Timur H.Hasballah Bin H.M Thaib S.H., Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H,  Kasi Intel Kejaksaan Negeri Aceh Timur dan Asisten III Setdakab Aceh Timur, T. Reza Rizki, SH, M.Si.

Acara Binter ini dimulai dengan Ziarah ke makam ulama kharismatik Aceh   Alm Tgk.  H.  Bukhari Hasan atau yang dikenal Abu Leuge Peureulak. Setelah ziarah dilanjutkan dengan penebaran benih ikan lele ke dalam  Bioflok yang telah disediakan dalam kompleks dayah.

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) mengatakan bahwa, Binter merupakan bagian kerjasama antara Kodam Iskandar Muda dan Kodim 0104/Atim yang pada prinsipnya dilaksanakan untuk membantu mengatasi  kesulitan rakyat ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu lanjut Dandim, merupakan sebuah kegiatan dibidang teritorial dengan memadukan metode binter secara serentak untuk meningkatkan hasil kegiatan pembinaan teritorial wilayah, "ungkapnya.

"Harapannya, kegiatan ini dapat menyentuh masyarakat khususnya di dayah, supaya para santri kita lebih aktif dan disisi lain mereka juga bisa lebih produktif dengan kegiatan lainnya.

Program pembinaan teritorial terpadu jajaran Kodim 0104/Atim ini melaksanakan kegiatan pembangunan di Gampong Buket Pala, Kecamatan Peureulak dengan sasaran fisik yakni pembuatan 12 Unit Bioflok ikan Lele dan Nila, 5 Unit perehaban Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), 1 Unit perehaban Meunasah (Tempat ibadah), perehaban Makam Syeh Bandar Khalifah, 1 Unit pembuatan MCK, 1 Unit Budidaya Jahe, 10 Unit Budidaya ayam potong, dan 2 Unit pembuatan Rumah Online.

Sedangkan sasaran non fisik antara lain Sosialisasi Komsos dengan komponen Bangsa, Pemberian bantuan sarana kontak sekolah, Pemberian sarana kontak buku budidaya, Pembagian sembako, dan Sunatan massal.

"Semoga  kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang sedang menghadapi masa pandemi yang sulit seperti ini, "tandas Dandim.

Sementara Bupati Aceh Timur dalam sambutannya mengapresiasi upaya TNI khususnya Kodam Iskandar Muda dan Kodim 0104/Atim yang telah melaksanakan Binter Terpadu itu, bahkan selaku kepala daerah ia mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kita mengucapkan terimakasih karena Kodim 0104/Atim telah melaksanakan banyak kegiatan sosial di Aceh Timur apalagi ditengah Pandemi Covid-19 yang telah mampu bekerja sama dalam membantu Kabupaten Aceh Timur ditengah kondisi seperti ini, "ujar Bupati.

Disisi lain Bupati yang akrab disapa Rocky ini  juga mengaku Pemerintah Aceh Timur akan selalu mendukung kegiatan sosial yang dilakukan TNI melalui Kodim Aceh Timur.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Timur siap mendukung kegiatan TNI. Semoga  tahun depan kegiatan ini juga bisa dilanjutkan di kecamatan lainnya, "pungkas Bupati seraya berharap sinergitas yang terjalin dari kegiatan Binter Terpadu tahun 2020 ini dapat mengoptimalkan dampak nyata dalam  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan tersebut juga ditandai dengan penyebaran bibit ikan Lele dan Nila oleh unsur Muspida Aceh Timur dan Tgk. Ibrahim selaku Pimpinan Dayah Assasul Islamiyah. (KC)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar