Darma Firdaus Sitompul Resmi Dilantik Sebagai Ketua DMDI Bengkalis

Ketua DMDI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul

Nusaperdana.com,Bengkalis - Ketua Umum KONI Kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus Sitompul, resmi dilantik sebagai Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Bengkalis periode 2021-2026 di Balai Kerapatan  Adat Wisma Daerah Sri Mahkota-Bengkalis, Senin (20/2) kemarin. 

Darma Firdaus Sitompul yang cukup akrab dengan para ulama di Bengkalis ini, dilantik bersama pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis oleh Ketua Umum DMDI Provinsi Riau Datok Ir. Ajis bin Manaf. Sebelumnya, Darma Firdaus ditetapkan sebagai Ketua DMDI Kabupaten Bengkalis melalui musyawarah dan mandataris.

Dalam sambutannya, Darma Firdaus mengatakan, terbentuknya DMDI Kabupaten Bengkalis merupakan inisiasi serta silaturrahmi bersama jajaran pengurus yang telah resmi menyandang sebagai pengurus, untuk menyatukan persepsi dalam upaya memberdayakan dan mengembangkan potensi masyarakat Melayu, agar dapat berkarya dan bertaqwa kepada Allah, SWT.

Selain itu juga menumbuhkan kecintaan terhadap dunia melayu dunia Islam. Sesuai dengan tema, Meneguhkan Nilai-Nilai Islam dan Membangun Tamadun Melayu Menuju Negeri Yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera. 

Ia juga mengatakan, hadirnya DMDI di Negeri Melayu Bengkalis, tentunya bertujuan sebagai organisasi yang mengakomodir dan menciptakan insan-insan masyarakat Melayu Bengkalis, yang peduli dengan Dunia Melayu Dunia Islam.

“Dunia Melayu Dunia Islam ini mendunia. Kita tidak bicara, Bengkalis semata. Tapi juga berbicara negara-negara besar Islam yang tergabung di DMDI. Selain itu DMDI hadir dalam menjaga dan menggali khazanah budaya Islam di Negeri Junjungan, termasuk warisan-warisan sejarah yang ada,”kata Darma.

Ia mengatakan, ini sudah direncakan sejak awal. Jika DMDI Bengkalis akan melakukan inventarisasi segala bentuk warisan sejarah Islam, yang berkembang di Kabupaten Bengkalis. Termasuk adanya makam-makam tua, yang ternyata merupakan makam salah satu pejuang Islam, Habib Abdurrahman bin Yasin Ba’alawi di Desa Pengkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Kemudian program Bengkalis Ngaji, yang akan terus digalakkan, hingga kepelosok desa.

“Saya berusaha bagaimana semua umat Islam yang ada di Negeri Junjungan Bengkalis, bisa bersatu untuk melestarikan khazanah budaya Melayu dan Islam yang diwariskan oleh pendahulu-pendahulu serta pejuang atau syuhada baginda Rosullullah, SAW. Ini akan kami agendakan nantinya dalam program kerja DMDI Kabupaten Bengkalis,”paparnya.

Sementara itu, Ketua DMDI Provinsi Riau Datok Ir. Ajis dalam kesempatan itu mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Bengkalis Kasmarni, yang berkenan hadir disela-sela pelantikan. Selain itu, Ir. Ajis juga mengucapkan tahinah kepada pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis yang resmi telah mengemban amanah, sejak terhitung hari ini.

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutan resminya menaruh harapan besar, kepada DMDI Bengkalis, untuk tegak lurus mendukung visi, misi, program serta kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati perempuan pertama di Bengkalis ini mengatakan, hari ini organisasi DMDI sangat strategis dalam kehidupan masyarakat melayu dan dunia Islam di Kabupaten Bengkalis

"Karena dapat menjadi penghubung antara ajaran agama dengan realitas sosial kehidupan masyarakat Melayu di daerah ini," harapnya.

Untuk itu, Kasmarni berpesan agar segenap pengurus yang baru dilantik. Harus cepat berbaur dan menyerap berbagai aspirasi masyarakat.

"Agar dapat berjalan searah. Guna mengangkat tuah, derajat, harkat dan martabat kaum melayu dan dunia Islam," harapnya lagi.

Turut hadir dalam pelantikan Pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis Periode 2021-2026, Forkopimda Bengkalis, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis Buya Amrizal, MA, Ketua Baznas Bengkalis Ustadz H. Ali Ambar, Lc, Ketua Pengadilan Agama (PA) Bengkalis Hasan Nul Hakim, Kemenag RI Bengkalis Drs. H. Khaidir dan seluruh undangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lungkup Pemkab Bengkalis.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar