Derajat Kesehatan Masyarakat Kabupaten Siak, Diurutan ke Tiga di Riau


Nusaperdana.com,Siak--Pemerintah Kabupaten Siak kembali menuai prestasi di bidang kesehatan. Tahun ini Kabupaten Siak berada di urutan ke tiga di Riau yang dinyatakan sebagai Kabupaten/kota Derajat Kesehatan Masyarakatnya meningkat. Siak merupakan satu-satunya Kabupaten, dan tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi Pemkab Siak terutama para tenaga kesehatannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Raja Tony Candra saat dijumpai Kamis (9/9) kemarin di Siak Sriindrapura membenarkan adanya penilaian tentang derajat kesehehatan masyarakat tersebut dan bahkan Kabupaten Siak merupakan satu-satunya Kabupaten yang berada di 3 besar, sementara di urutan satu dan dua adalah Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

"Kita sangat bangga dan bahagia serta bersyukur bahwa kerja keras semua pihak terutama para tenaga medis dan kesehatan di Kabupaten Siak , membawa perubahan yang lebih baik bagi pengembangan kesehatan masyarakat, sehingga tahun ini dinyatakan berada diurutan ketiga sebagai Kabupaten/kota di Riau yang derajat kesehatannya meningkat," sebut dr Tony.

Dikesempatan tersebut Kadiskes, Tony juga menjelaskan bahwa salah satu indikasi kenapa dinyatakan Kabupaten Siak derajat kesehatan masyarakatnya naik adalah umur harapan hidupnya meningkat.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin umurnya panjang maka pindalah ke Kabupaten Siak," ujarnya sambil berseloro (sambil bergurau)

Indikasi lainnya tambah Tony, adalah adanya upaya untuk mendekatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan dengan cara membangun Rumah Sakit dan sejenisnya ditengah-tengah masyarakat baik dari dana yang bersumber APBN dan APBD Provinsi maupun daerah.

"Mengimplementasikan jaminan kesehatan nasional di Kabupaten Siak serta masih adanya Jamkesda, tentu juga menjadi indikasi derajat kesehatan meningkat. Termasuk mangajak masyarakat swasta untuk berinvestasi di bidang kesehatan," imbuhnya.(Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar