Galeri Foto

Melalui Radio Kadis DPKP Inhil Sosialisasi Hadapi Kebakaran di Rumah

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Kebakaran Musibah yang memang kadang kala tidak bisa di tebak serta di hindari akan tetapi bisa di cegah serta diminimalisir dampaknya, Selain itu juga pencegahan kebakaran tidak hanya tangung jawab pemerintah saja melainkan tangung jawab bersama.

Menyikapi hal ini Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) terus mendosialisasikan kepada masyarakat dalam menghadapi kebakaran terutama dikota tembilahan yang padat penduduk.

Melalui siaran langsung Indra Radio 98,5 FM Selasa (3/11) di jalan Swarna Bumi Tembilahan yang di pimpin langsung Kadis Pemadam Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (DPKP) Inhil Ediwan Shasby serta di dampingi Hamsari Kabit pencegahan dan pengendalian Sri Sundari SH kasi pemberdayaan masayarakat dan pelatihan Serta Meiyondri Kasi Oprasional DPKP inhil.

Kadis DPKP Inhil Ediwan Shasby mengatakan di kepemipinan HM Wardan Serta Syamsudin Uti DPKP Inhil akan membentuk relawan pemadan kebakaran (Redkar) di setiap kecamatan maupun Kelurahan dan desa guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran.

"Kita berharap di inhil ini nanti akan terbentuk kelurahan dan desa siaga kebakaran di mana Redkar ini merupakan organisasi sosial berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran."ujarnya.

Dikatakan Kadis Nanti pihaknya akan melakukan sosialisasi dan dan para relawan yang sudah terbentuk ini agar siap untuk menjadi tim gerak cepat kecamatan Kelurahan serta desa Setempat sebagai relawan terdapan  dalam menagulagi kebakaran di wilayahnya.

Tujuan dibentuknya Redkar ini, ungkap Eddiwan, untuk meningkatkan peran serta masyarakat, membantu pencapaian mutu SPM, menciptakan sinergi antara Damkar, masyarakat dan meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran serta berperan dalam aspek pencegahan dan keamanan lingkungan.

Selain itu, Redkar juga bertujuan membantu petugas melakukan pemadaman sedini mungkin untuk berperan dalam aspek pencegahan dan keamanan lingkungan sekitarnya sehingga memberikan rasa aman di tengah masyarakat.

"tujuan pembentukan satuan relawan pemadam  kebakaran ini untuk menigkatkan peran serta masyarakat dalam menghadapi kebarakan, membantu pancapaian mutu terhadap palayanan minimal dan menciptakan sinergitas dinas Pemadam kebakaran dengan masyarakat"ujar kadis.

Dalam kesempatan itu juga kadis DPKP Memberikan tips Sederhana dalam menagani kebakaran di rumah salah satunya yakni Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau dengan karung goni yang dibasahi air.

Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik segera matikan listrik di rumah atau gedung Tutup ruangan yang terjadi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.

Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah Berjalanlah dengan tenang, jangan lari, perhatian penuh dan tidak panik.

"Jika Anda sudah berhasil keluar rumah dan sudah berada di tempat yang aman, segeralah meminta bantuan kepada tetangga sekitar Segera hubungi pemadam kebaran 113

Atau Posko markas komando pemadam kebakaran kabupaten inhil 0768244888," pungkasnya.