Galeri Foto

Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini, Puskesmas Sapat Gelar Edukasi SADARI

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Sebagai upaya deteksi kanker payudara sejak dini, UPT Puskesmas Sapat menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan dan edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di SMA Bina Bhakti, Kelurahan Sapat, Selasa (30/11/2021).

Kepala Puskesmas Sapat, Endang Suratmi S.St, M.Km melalui Kepala pelaksana kegiatan Ns. Kasmawati, S.Kep mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar para siswi bisa secara mandiri melakukan pemeriksaan payudara dirumah.

"Selain SADARI pada para siswi dilakukan juga pemeriksaan kesehatan terhadap semua siswa-siswi yaitu pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan mata, organ reproduksi dan pemeriksaan fisik lainnya. Sebagai upaya deteksi dini suatu penyakit," ujar Kasmawati.

Dijelaskan Kasmawati, pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada anak kelas X SMA yang berjumlah 66 orang. Dikatakannya pada dewasa ini sudah menunjukkan tren yang semakin banyak ditemukan penderita kanker payudara pada usia muda.

"Hal ini terjadi karena pola hidup dari remaja putri tersebut. Sehingga kegiatan Pemeriksaan dan Edukasi SADARI ini dianggap penting untuk siswa putri, kata Kasmawati.

Dengan kegiatan tersebut Kasmawati berharap para siswi semakin mengerti tentang pentingnya SADARI dan semua siswa lebih peduli untuk mejaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri.

"Setelah kegiatan ini, semoga semua siswa tidak asing dengan kegiatan SADARI dan menjaga pola hidup sehat," tutup Kasmawati.

Tenaga kesehatan kesehatan Puskesmas Sapat menyampaikan materi.

Tenaga kesehatan Puskesmas Sapat.

Siswa mencoba memeriksa kesehatan mata.

Edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari)

Edukasi Sadari.

Mengukur tinggi badan siswa.

Suasana kegiatan.