Galeri Foto

Dinkes Inhil Teken Komitmen Bersama dengan Seluruh OPD Percepatan UHC

Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penandatanganan komitmen UHC (Universal Health Coverage) bersama seluruh OPD dilingkungan Pemkab Inhil, Sabtu 25 Februari 2023.

Bertempat di Aula Kantor Bupati Inhil, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjamin kesehatan yang memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif serta Bermutu.

Sejak Tahun 2004, Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membentuk suatu sistem jaminan kesehatan yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia, salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan menggalakkan Program Jaminan Kesehatan Nasional  (JKN) yang dikelola oleh BPJS.

Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Kab.Inhil yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Inhil Wanhar menyampaikan dalam rangka percepatan cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Riau pada angka 95% pada 1 Januari 2024.

"Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah melakukan langkah-langkah strategis untuk dapat memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat Inhil khususnya, hingga tercapai masyarakat yang hidup sehat, produktif dan sejahtera," Jelas Wanhar.

Sementara itu Bupati Indragiri Hilir H.M Wardan sangat mengapresiasi dilakasanakannya penandatangan komitmen bersama percepatan UHC.

Untuk itu ia mengharapkan dilakukan secara intensif langkah-langkah strategis tersebut dalam mewujudkan jaminan kesehatan di Kabupaten Indragiri Hilir, terutama memastikan PBI yang tepat sasaran.

"Kita juga perlu memastikan kepesertaan jaminan kesehatan nasional khususnya Penerima Bantuan Iyuran (PBI) memberikan manfaat secara maksimal bagi masyarakat serta harus dipastikan sasaran masyarakatnya tepat," ucap Wardan.

Lanjutnya, melalui penandatanganan komitmen bersama ini diharapkan UHC dapat segera tercapai, dan dengan tercapainya UHC khususnya dimasyarakat Kabupaten Indragiri Hilir memiliki jaminan kesehatan yang dapat diandalkan.

"Jika kondisi tersebut tercapai maka kesejahteraan masyarakat akan mengikuti pemanfaatan pelayanan kesehatan dalam program JKN," Pungkasnya.(Galeri Foto)

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Wanhar meneken komitmen bersama percepatan UHC

Rapat percepatan UHC sedang berlangsung

Hj Zulaikhah Wardan saat meneken komitmen bersama percepatan UHC

Peserta dan tamu undangan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Ketua PMI Hj Zulaikhah Wardan saat menghadiri rapat percepatan UHC

Bupati HM Wardan meneken komitmen bersama percepatan UHC di Kabupaten Indragiri Hilir