Galeri Foto

Dinkes Inhil Gelar Sosialisasi dan Informasi EHRA Terkait Penilaian Resiko Kesehatan Lingkungan

Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Sosialisasi dan Informasi pelaksanaan Studi Environmental Health Risk Assessment (EHRA) penilaian resiko kesehatan lingkungan di Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis 9 Maret 2023.

Hadir sebagai peserta sosialisasi Camat se Kabupaten Indragiri Hilir dan tim pelaksana Pokja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kabupaten Indragiri Hilir dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Ketua panitia pelaksana, Leni dalam laporannya menyampikan Sosialisasi dan Informasi EHRA bermanfaat sebagai gambaran kondisi sanitasi masyarakat yang berisiko bagi kesehatan.

"Kegiatan ini juga dapat memberikan Advokasi ke masyarakat tentang pentingnya kesehatan sanitasi di pemukiman khususnya di Kabuapten Indragiri Hilir," jelasnya.

Sementara itu, sambutan Bupati HM Wardan yang dibacakan Kabid P2P Diskes Inhil Devi Natalia, SKM, MH mengatakan studi EHRA merupakan sebuah studi partisipatif di Kabupaten/kota untuk memahami kondisi sanitasi dan Higinitas serta prilaku-prilaku masyarakat pada sekala rumah tangga.

"nantinya data yang dihasilkan dapat di manfaatkan untuk pengembangan program sanitasi termasuk Advokasi keseluruh skpd dilingkungan Pemkab Inhil sampai dengan Desa/Kelurahan," terangnya.

Selanjutnya, data yang dikumpulkan dari studi EHRA akan digunakan Pokja sanitasi atau Pokja Perumahan dan Kawasan pemukiman Kabupaten Indragiri Hilir sebagai salah satu bahan untuk menetapkan area beresiko dan strategi sanitasi Kabupaten/kota.

"Pada tahun ini studi EHRA dilaksanakan di 20 Kecamatan meliputi 236 Desa/Kelurahan dengan jumlah responden sebesar 9.440 responden," pungkasnya.(Galeri Foto)