Galeri Foto

Program Inovasi UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Ajak Paud dan TK Mendaur Ulang Sampah Pelastik

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - UPT Puskemas Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan Inovasi kelompok usia dini sehat edukatif bergerak aktif dan kreatif yang disingkat Kuini Segar di TK Sabilal Muhtadin, Sabtu 17 Juni 2023.

Tujuan kegiatan yang menyasar anak usia dini di wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Hulu tersebut guna meningkatkan derajat kesehatan pada anak usia dini secara berkelanjutan melalui pengembangan potensi anak, motoric, kognitif, sosial dan emosional.

Program Inovasi Kuini Segar, berkolaborasi bersama lembaga pendidikan mulai dari Paud dan TK di wilayah kerana UPT Puskesmas Tembilahan Hulu. Salah satunya di TK Sabilal Muhtadin, Tembilahan Hulu, para murid diajak mendaur ulang sampah-sampah botol menjadi barang yang bisa digunakan kembali seperti kursi dan pot bunga.

Sehingga akan berdampak baik untuk mengurangi sampah dan bisa di gunakan kembali di kehidupan sehari-hari.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Hj Rosdinah sampah pelastik adalah barang bekas atau tidak terpakai yang materialnya diproduksi dari bahan kimia tak terbarukan.

Seperti diketahui bersama, limbah pelastik sangat susah terurai dengan alam, yang akan mengakibatkan masalah lingkungan seperti banjir dan penyebab masalah kesehatan lainnya.

"Dengan menggunakan metode 3r (Reuse, Reduce dan Recycle) kita bisa menanggulangi sampah pelastik terutama sampah botol menjadi bahan yang bisa di gunakan kembali menjadi Kursi, pot bunga, tong sampah," jelasnya Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu.

Lanjut Hj Rosdinah, kegiatan mendaur ulang ini merupakan suatu kegiatan inovasi yang dimiliki UPT Puskesmas Tembilahan Hulu dalam meningkatkan derajat kesehatan dimulai dari usia dini.(***)