Galeri Foto

UPT Puskemas Tembilahan Hulu Lakukan Deteksi Dini Perkembangan Anak di Usia Pra Sekolah

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - UPT Puskemas Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan screening atau mendeteksi dini tumbuh kembang anak Paud dan TK di wilayah kerja Puskemas Tembilahan Hulu, 24 Mei 2021.

Deteksi dini yang dilakukan diantaranya, mulai dari penimbangan berat badan, tinggi badan dan screening kesehatan anak usia pra sekolah. Hal ini bertujuan menekan angka stunting di Kabupaten Indragiri Hilir.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Hj Rosdinah, SSt anak usia pra sekolah antara  3 sampai 6 tahun, pada periode ini pertumbuhan fisik melambat dan perkembangan psikososial serta kognitif mengalami peningkatan.

"Usia prasekolah disebut The Wonder Years yaitu masa dimana seorang anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Mereka mulai mengembangkan rasa ingin tahunya dan masih belajar bagaimana menjadi seorang teman, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, mengendalikan tubuh, emosi, dan pikiran mereka serta mampu berkomunikasi dengan lebih baik," jelas Hj Rosdinah.

Diungkapkan Hj Rosdinah, kualitas seorang anak dapat dinilai dari proses tumbuh kembangnya.

Dimana, proses tumbuh kembang merupakan hasil interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor keturunan adalah faktor yang berhubungan dengan gen yang berasal dari ayah dan ibu, sedangkan faktor lingkungan meliputi lingkungan biologis, fisik, psikologis, dan sosial.

Karena itu lanjutnya, perlu dilakukan deteksi dini kesehatan dan perkembangan anak. Seperti yang dilakukan pihaknya di Paud dan TK di wilayah kerja Puskemas Tembilahan Hulu dengan sistem jemput bola.(***)