Galeri Foto

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir Gelar Pelatihan Desa Wisata

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan pelatihan Desa Wisata Sub Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata, Senin 23 Oktober 2023.

Bertempat di Hotel Inhil Pratama Tembilahan kegiatan tersebut dimulai sejak 23 s/d 25 Oktober 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas PMD, para pejabat administrator dan pejabat fungsional Disparporabud Inhil.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 6 Kecamatan yang ada di Kab. Inhil antara lain: Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Kuindra, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tempuling, Kecamatan Kempas, dan Kecamatan Kemuning. Narasumber yang akan memberikan materi pada Pelatihan ini antara lain Bapak Osvian Putra yang merupakan Master Asesor Pariwisata-BNSP dan Bapak Novico Fishuri penggerak pemuda Desa Dayun.

Pelatihan desa wisata ini dibuka oleh Kepala Dinas Parporabud Kab. Inhil Qudri Ramaputera, SH, MH. Dalam sambutannya Kadis Parporabud menyampaikan bahwa saat ini Desa wisata yang telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati tahun 2021 baru 10 Desa Wisata, dengan adanya pelatihan ini  akan menambah Desa Wisata yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, karena target utama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah sektor pariwisata di Desa.

“Diharapkan Indragiri Hilir dapat bersaing dengan daerah lain, mudah-mudahan tahun depan kita dapat mengusulkan untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata yang dilaksanakan oleh kemenparekraf”

Lebih lanjut disampaikan bahwa tahun ini Disparporabud sedang menyusun RIPPARKAB (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten), yang insyAllah tahun depan akan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Harapan kami kedepan dengan diadakannya pelatihan ini dapat meningkatkan sumberdaya manusia bidang pariwisata khususnya pembinaan pengelolaan Desa Wisata, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan terhadap wisatawan”

Kegiatan ini ditutup oleh Kabid Pariwisata Disparporabud Inhil Ibu Dessi Erfina, SP. Rabu (25/10/2023). Kabid Pariwisata berkeinginan setelah dilaksanakan Pelatihan dapat diimplementasikan pada masing-masing Desa Wisata yang ada di kabupaten Indragiri Hilir yang kedepannya akan meningkatkan potensi wisata yang ada di masing-masing Desa.(Galeri Foto)