Di Balik Rumor Bill Gates Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Salah satu teori konspirasi yang sampai saat ini awet menyasar Bill Gates adalah dia berencana menanamkan microchip bersamaan dengan diberikannya vaksin Corona. Rumor tak berdasar itu masih beredar luas di media sosial, misalnya Facebook.

"Gates ingin kita di-microchip dan Fauci (penasihat kesehatan AS-red) ingin kita membawa sertifikat vaksin," tulis sebuah postingan di Facebook yang dibagikan sampai 22 ribu kali.

"Gates Foundation kini menghabiskan miliaran dolar untuk memastikan semua injeksi medis dan gigi serta prosedurnya memasukkan chip itu sehingga satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan menolak semuanya," begitu rumor liar lain yang wara wiri di Facebook.

Tak cuma dalam bahasa Inggris, ada juga versi bahasa Spanyol yang viral. Padahal tidak ada bukti sama sekali sang pendiri Microsoft bakal menanamkan vaksin, namun tetap saja tudingan itu masih bertahan.

"Saya tidak pernah terlibat dalam hal microchip apapun. Agak berat membantah hal ini karena sangatlah bodoh atau aneh," kata Gates pada awal Juni silam, membantah tuduhan tersebut.

"Itu sungguh aneh sehingga hampir-hampir Anda ingin melihatnya sebagai sesuatu yang humoris tapi itu benar-benar bukan sebuah humor," tambah dia, dikutip detikINET dari USA Today.

Masa pandemi Corona memang kencang dengan teori konspirasi. "(Virus Corona) menakutkan, sukar dimengerti, mensyaratkan pemerintah membatasi kemerdekaan individu dan akan ada vaksinasi massal. Itu sempurna buat teori konspirasi," kata Matthew Hornsey, pakar psikologi sosial University of Queensland.

Orang Amerika sendiri banyak yang percaya. Survei Yahoo News dan YouGov menemukan 44% anggota Partai Republik dan 19% Demokrat meyakini Gates berencana menanam microchip pada miliaran orang.

William Scaffner dari Vanderbilt University menilai kaum anti vaksin gencar menyuarakan rumor tak berdasar itu. "Mereka tidak percaya vaksinasi. Teori konspirasi kemudian dipilih untuk menjustifikasi hal itu," cetusnya.

Lalu dari mana asal teori microchip ini? Sebagian mungkin dari riset Massachusetts Institute of Technology yang didanai Gates Desember silam. Mereka menyebut ada kemungkinan memasukkan jumlah kecil bahan khusus di vaksin.

Bahan itu dapat dilacak menggunakan infra merah khusus dan gunanya merekam jejak pemberian vaksin pada anak, khususnya di negara berkembang.

Akan tetapi studi itu tak pernah diimplementasikan pada manusia dan tidak melibatkan microchip. "Teknologi kuantum ini bukan microchip atau kapsul yang diimplan pada manusia dan sepengetahuan saya tidak ada rencana untuk memakai ini untuk Corona," kata pemimpin riset, Kevin McHugh.

Riset itu dibelokkan jadi rumor microchip tersebut. "Ketakutan dimasuki chip pelacak dan hal lainnya ke tubuh kita memang sudah lama dimanfaatkan oleh penyuka teori konspirasi," kata Mark Fenster, profesor hukum di University of Florida.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar