Dihadiri Wabup dan OJK Riau, Bank Riau Kepri Resmikan Kedai Syariah di Bantan

Peresmian Kedai Syariah Bank Riau Kepri di Kecamatan Bantan

Nusaperdana.com,Bengkalis - Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bagus Santosa hadiri Peresmian Kedai Syariah yang merupakan jaringan kantor Bank Riau Kepri yang ke 173 di kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Rabu (19/01). 

Kedai Syariah Bank Riau Kepri Bengkalis tersebut setelah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir 2021 lalu.

Peresmian ditandai dengan Pengguntingan Pita serta Penandatanganan Prasasti oleh  Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersama Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari dan Kepala OJK Riau M. Luthfi. 

Sebelum acara peresmian, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh hafiz cilik juara tingkat nasional Anisa yang merupakan anak pegawai Bank Riau Kepri Cabang Bengkalis.

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Kredit dan Syari'ah Bank Riau Kepri Tengkoe Irawan, Pindiv Sekper Wahyudi Gustiawan,Pindiv Operasional Azhar Efendi,Pincab Syariah Pekanbaru Rina Muthia ,Pincab Siak Fivian Heldi dan Pincab Bengkalis Herry Saputra MAM serta sejumlah Pejabat Eksekutif Bank Riau Kepri, Anggota DPRD Bengkalis, Kepala Kejari Bengkalis, Sejumlah Kepala OPD, Staf Ahli di lingkungan Pemkab Bengkalis, serta Camat Bantan dan Tokoh masyarakat Bantan.

"Salam hormat kepada Wakil Bupati Bengkalis,Bagus Santoso, Kepala OJK Riau M. Luthfi berserta tamu undangan yang sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri peresmian Kantor Bank Riau Kepri Syariah Bantan," ucap Dirut Bank Riau Kepri Andi Buchari diawal sambutannya.

Dikatakan Andi Buchari dengan diresmikannya  kantor BRK Kedai Syariah Bantan ini, maka jumlah Kantor Bank Riau Kepri menjadi 173 jaringan yang tersebar di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau serta satu kantor di Jakarta.

"Ini semua tentu merupakan bagian dari komitmen BRK untuk terus memperluas jaringan kantor dalam rangka meningkatkan layanan perbankan khususnya perbankan syariah dari Unit Usaha Syariah," ujarnya. 

Ditambahkan Andi, dalam satu bulan terakhir ini  Bank Riau Kepri sudah meresmikan 3 kantor Kedai Syariah yakni di Tenayan Raya Pekanbaru, Kubu Kabupaten Rohil dan di Bantan Kabupaten Bengkalis. 

"Ini merupakan bagian dari proses yang sedang kita lakukan dalam rangka mengkonversi Bank Riau Kepri menjadi Bank Umum Syariah sesuai keputusan pemegang saham, dan tentunya yang dalam hal ini kami mendapatkan dukungan yang terbesar dari Otoritas Jasa Keuangan," jelasnya. 

Ia pun berharap dengan pembukaan Kedai Syariah Bantan ini dapat menangkap potensi-potensi ekonomi yang ada di daerah ini dalam layanan perbankan syariah yang lebih dekat kepada masyarakat. 

"Kami berharap Kedai Syariah Bantan ini bisa memberikan sumbangsih serta ambil untuk ikut mengembangkan daerah ini. Pertama bagaimana kita membangkitkan kembali ekonomi masyarakat di tengah-tengah masa pandemi covid 19," Imbuh Andi Buchari. 

Lebih lanjut Dirut Bank Riau Kepri ini, juga menegaskan agar seluruh staf dan pimpinan seluruh personil dari Kedai Syari'ah Bantan bisa memberikan yang terbaik dan juga ikut berkontribusi memberikan manfaat bagi pemerintah daerah maupun bagi seluruh masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Senada Kepala OJK Riau Luthfi yang selaku pemberi izin operasional dan Otoritas Jasa Keuangan Riau menyampaikan progres dan capaian Bank Riau Kepri sebagai bank daerah kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri 

Ia mengatakan untuk perizinan BRK menjadi Bank Umum Syariah secara penuh akan keluar dalam waktu dekat. Sehingga diharapkan market share dari kegiatan sehari-hari perbankan ini akan bertambah dan juga akan mengambil andil dalam peningkatan ekonomi. 

Salah satunya untuk meningkatkan kinerja produk dan layanan yang sudah ada serta menjadi pilihan utama masyarakat Provinsi Riau.

"Sebagai informasi awal juga, dalam waktu yang tidak terlalu lama, perizinan konversi Bank Riau Kepri menjadi Bank Syariah penuh akan keluar. Nanti akan menjadi tidak hanya Unit Usaha Syariah tetapi menjadi Bank Umum Syariah," ujar Lutfhi. 

Ia pun berharap mewakili OJK Riau, dengan ditambahnya jaringan kantor Bank Riau Kepri ke 173 ini dapat melayani kebutuhan transaksi keuangan masyarakat yang belum mendapatkan akses keuangan sebelumnya dengan diikuti ketentuan yang ada sebagai wujud penerapan nilai-nilai agar tumbuh sehat dan berkembang. 

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso mengatakan atas nama Pemkab Bengkalis sangat mengapresiasi Bank Riau kepri yang telah mendirikan kantor kedai Syariah Bantan. Sebab kehadiran Kedai Syariah ini akan semakin berkah dan dapat meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Bantan khususnya.

Mudah-mudahan dengan adanya kedai syariah, akses perbankan lebih dekat lagi bagi masyarakat Bantan. Keberadaan kantor Kedai Syariah Bantan ini merupakan salah satu jaringan kantor kas Bank Riau Kepri untuk membantu kemudahan akses perbankan bagi masyarakat di Bantan.

"Saat ini jumlah penyertaan modal Bengkalis di BRK sebesar Rp 131.606.200.000,- dengan persentase 11.96 persen. Penyertaan modal ini salah satunya dengan membuat pinjaman modal kepada masyarakat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," ucap Wabup. 

Dikatakan Bagus Santosa dengan  pemberdayaan ekonomi syariah, dapat dilakukan dengan membuat program usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Adapun yang termasuk kedalam usaha kecil menengah mencakup seluruh kios di pasar tradisional, warung dan kedai yang banyak dikelola oleh masyarakat. 

"Melalui UMKM dapat memberikan peluang kepada umat untuk keluar dari zona kemiskinan menuju kesejahteraan. Selain itu, UMKM juga membentuk umat menjadi pengusaha-pengusaha yang tangguh dalam masa susahnya ekonomi saat ini. Menggerakkan UMKM adalah solusi kemakmuran umat," jelasnya. 

Ditambahkan Bagus Santosa, saat ini masyarakat memiliki respon positif terhadap sebuah bank. Buktinya, banyak masyarakat yang berhubung bank. Sehingga transaksi atau perputaran uang dari suatu daerah lebih dinamis.

Itulah cara mewujudkan tanggung jawab pihak bank menjaga kepercayaan masyarakat sebagai mitranya, tanpa nasabah, bank bukan apa-apa. respon itu wajib dijawab peningkatan fasilitas dan layanan yang baik dari pihak bank.

Dengan adanya kantor Kedai Syariah Bantan, kata Wabup, masyarakat sangat terbantu hal pelayanan perbankan di kecamatan Bantan serta dapat mendukung ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan smart ekonomi kerakyatan.

"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat Bantan untuk memanfaatkan keberadaan Kedai Syariah BRK ini sebagai salah satu motor penggerak perekonomian di daerah ini. salah satunya melalui budaya gemar menabung dan memanfaatkan program penyaluran kredit.Saya mengimbau kepada masyarakat untuk membiasakan budaya menabung," terangnya. 

Selain peresmian kedai Syariah, Bank Riau Kepri juga menyerahkan program kemitraan  berupa bantuan kepada mushola Al Muhajirin, masjid Al-Firdaus dan bantuan perlengkapan Madrasah Aliyah.

Penyerahannya langsung oleh Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari kepada Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso yang kemudian diserahkan kepada masing-masing perwakilan masjid.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar