Diskes Inhil Gelar Pertemuan Tatalaksana Program Tuberkulosis Bersama Para Dokter


 

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Pertemuan Tatalaksana Program Tuberkulosis, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pelayanan petugas kesehatan, Selasa 30 Agustus 2022.

Pertemuan yang dilaksnakan di Hotel Harmoni, Tembilahan tersebut, dilaksanakan selama tiga hari diikuti sebanyak 36 peserta dengan menghadiri dua narasumber dokter spesialis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan.

Dua narasumber yang dihadirkan yakni, Dokter Spesialis Anak, dr Muhammad Rahmatsyah Nasution, Sp. A dan dokter Spesialis Paru, dr Fitri Scorfianti, Sp.P

"Pertemuan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan tata pelaksana program TBC bagi petugas di fasilitas kesehatan se Kabupaten Indragiri Hilir. Peserta berjumlah 36 orang, dari  dokter puskesmas, dokter umum RSUD Puri Husada Tembilahan, dari KKP, LP dan rumah sakit swasta 3M," jelas Ketua Panitia, Devi Natalia, SKM, MH.

Lanjut Kabid P2P Dinas Kesehatan Inhil tersebut, dalam pelaksanaan pembiayaan kegiatan tersebut bersumber dari DAK Non Fisik tahun 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri, SKM, MKL yang membuka langsung kegiatan pertemuan tersebut mengatakan kasus Tuberkulosis di Kabupaten Indragiri Hilir per Agustus 2022 ini berkisar 19,7 persen, atau 308 orang yang terditeksi  dari target 2298 orang.

"Artinya masih banyak kasus TBC yang harus kita kejar. Sehingga angka dari capaian target yang ada semakin kecil di Kabupaten Inhil," beber Kadiskes Inhil.

Dari pertemuan ini ia berharap, kerjasama seluruh dokter di Puskesmas dan petugas kesehatan yang lainnya dalam menggerakkan secara pasif, promotor dan preventif di pelayanan fasilitas kesehatan, sehingga masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir terbebas dari TB.

"Sehingga adanya penguatan dari pengawasan minum obat yang dilakukan oleh tim nakes untuk masyarakat penderita TB ini," pungkasnya.(Adv/Dinkes Inhil)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar