DPD KNPI Bengkalis Merespon Baik Isu Ketenagakerjaan Harus dari Daerah Sendiri

Andika Putra Kenedi ST Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkalis

Nusaperdana.com, Duri - Menangapi sidak yang dilakukan Bupati Bengkalis ke RSUD mandau dan ke Dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi (Disnakertrans) pada hari Jumat (16/04) Pagi, DPD KNPI Kabupaten Bengkalis Merespon baik apa yang sudah di Pesankan Bupati Kasmarni. 

Yang mana pada sidak tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni  berpesan ke kadisnakertrans terkait ketenagakerjaan yang menjadi persoalan dinegeri junjungan ini.

“Ingat ya Kadisnakertrans, Kholijah tenaga kerja yang kita terima itu harus dibanyakkan dari daerah kita. Tidak boleh dari luar. Ini adalah komitmen saya dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Bengkalis ini,” pesan Kasmarni.

Merespon dari apa yang telah dipesankan Bupati Bengkalis kepada kepala dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi tersebut. Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkalis Andika Putra Kenedi ST, langsung memberikan statement dan dukungannya.

"Betul dan sepakat apa yang disampaikan oleh ibu bupati. Saya secara pribadi maupun dari DPD KNPI Kabupaten Bengkalis dan organisasi kepemudaan mendukung pernyataan bupati yang menginginkan harus lebih banyak tenaga kerja dari daerah dari pada tenaga kerja luar daerah".Ucap Andika

Disinggung pertanyaan mengenai pernyataan kadis ketenagakerjaan dan transmigrasi terkait PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu). Dimana Kadisnakertrans menyatakan bahwa banyak perusahaan yang menerima tenaga kerja dahulu baru menyerahkan PKWT ke dinaskertrans. 

Mendengar hal tersebut, andika sakai yang akrab disapa itu sedikit  terpancing dan menyesuaikan dengan pernyataan bupati yang menginginkan untuk tidak menyetujui PKWT yang di ajukan oleh perusahaan.

"Kita lihat saja kedepan, Kadisnakertrans ini berani atau tidak menolak PKWT yang sudah diajukan perusahaan. Kita sudah baca dibeberapa media terkait pernyataan Kadisnakertrans ini bang" Tutur Andika sakai

Dalam tulisan yang dimuat dari beberapa media online, Jelas disitu statmen dari Ibuk bupati yang meminta kepada kadis untuk menolak PKWT yang diserahkan oleh perusahaan. Kalaupun sudah terlanjur disetujui, maka dibuat surat edaran ke perusahaan-perusahaan untuk melampirkan KK Dan KTP para pekerja nya agar bisa di seleksi, kan begitu arahan bupati ke Kadisnakertrans". Ucapnya.

Andika sakai juga mengingatkan terkait peralihan chevron ke Pertamina yang waktu nya semakin dekat.

"Sebentar lagi sama-sama kita ketahui, bahwa akan terjadi peralihan chevron ke Pertamina. Bila nanti peralihan ini sudah terjadi, dan Pemerintah belum juga siap dalam mengatasi isu ketenagakerjaan ini, dan terbukti pula Kadisnakertrans lamban dalam menjalankan arahan bupati. Maka jangan salahkan saya, bila mana elemen pemuda yang nantinya menjalankan arahan bupati tersebut ke perusahaan yang ada dikabupaten bengkalis ini" Jelasnya lagi

Ditambah Andika mengatakan saya juga akan tidak segan segan akan membuat gerakan besar besaran apa bula tenaga kerja lokal tidak di utamakan oleh perusahaan yang berada di kabupaten bengkalis, sudah cukup selama ini tenaga kerja lokal menjadi penonton, maka dari itu statmen yang saya sampaikan ini sebagai pengingat untuk kadisnaker dan juga pimpinan perusahaan dalam segi hal apa pun.

Kami dari DPD KNPI akan minta keterbukaan dari pihak perusahaan untuk menunjukan data base pekerja yang mereka terima, karna dalam hal ini tidak yang disembunyikan lagi, sesuai dengan undang undang yang berlaku keterbukaan publik. ini masih secara santun dan baik.

Kami lakukan karna ada 68 OKP yang tergabung didalam KNPI, ini yang akan nanti nya mendobrak para perusahaan yang membandel, kalau lah perusahaan berada di daerah kita tapi tidak bisa untuk memberikan ruang kepada pemuda dan pemudi kita untuk bekerja maka ini PR Besar buat KNPI bengkalis. Terang Andika Sakai selaku ketua DPD KNPI bengkalis saat ini. (Putra



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar